Jakarta (ANTARA) - Nick Kyrgios mengejutkan rekan-rekan setimnya dengan mundur dari United Cup, Rabu, setelah Rafael Nadal menyebut petenis Australia itu memiliki "semua senjata" untuk menjuarai Grand Slam.

Kyrgios mengundurkan diri menjelang ajang baru untuk tim campuran putra putri yang berlangsung di Sydney, Brisbane dan Perth tersebut, membuat para penggemar tidak bisa menyaksikan pertandingan terjadwal antara dia dengan legenda tenis Spanyol itu.

Sebagai gantinya, Alex de Minaur akan menghadapi Nadal dalam pertandingan tunggal setengah kompetisi.

Wakil kapten Australia Sam Stosur mengatakan mereka baru mengetahui pengunduran diri Kyrgios beberapa menit sebelum konferensi pers tim.

"Kami benar-benar baru tahu. Kami bergerak maju sekarang dan melakukan yang terbaik," ujar Stosur seperti dilaporkan AFP, Rabu.

Baca juga: Ruud optmistis jadi petenis nomor satu dunia dalam waktu dekat

Pihak Kyrgios mengatakan petenis yang terkenal dengan sifatnya yang temperamental itu mengalami cedera pergelangan kaki selama turnamen eksibisi di Dubai pekan lalu.

Dia berlatih di Sydney, Selasa, sebelum memutuskan tidak bertanding dalam United Cup.

Potensi Kyrgios sering kali tertutupi dengan perilakunya di lapangan, namun tahun ini mengalami musim yang luar biasa dengan mencapai final Grand Slam pertamanya di Wimbledon untuk kalah dari Novak Djokovic.

Dia juga kalah lima set dalam perempat final US Open melawan petenis Rusia Karen Khachanov.

Berbicara sebelum Kyrgios menarik diri dari United Cup, Nadal yang mengoleksi 22 gelar Grand Slam, menilai petenis Australia itu dapat melaju dengan mudah.

Australian Open bulan depan akan menjadi kesempatan pertamanya tahun ini, yang adalah turnamen di mana petenis Spanyol itu menjadi juara bertahan.

Baca juga: Nadal sangat termotivasi untuk hadapi Djokovic di Australia

"Saya tahu dia tidak terlalu suka bermain Roland Garros, itu satu-satunya turnamen yang sepertinya dia tidak terlalu suka bermain," kata Nadal.

"Di sisa turnamen, dia bermain di final Wimbledon, di New York dia mendekati perempat final, dengan peluang yang sangat positif."

"Dia bisa menang dalam turnamen apa pun yang dia mainkan. Dia memiliki semua bakat, senjata untuk menang melawan pemain mana pun. Tentu saja dia bisa."

Awal pekan ini, Kyrgios mengaku telah "berlatih dengan baik, menikmatinya, secara mental merasa baik. Itu yang paling penting."

Australian Open akan berlangsung di Melbourne Park pada 16 Januari.

Baca juga: Djokovic kini bisa ikuti Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022