Jakarta (ANTARA) - Nick Kyrgios kalah dari debutan lapangan rumput Wu Yibing 5-7, 3-6 di ATP Stuttgart, Selasa waktu setempat, saat dia melakukan "comeback" untuk kembali bermain tenis.

Petenis Australia peringkat 25 dunia yang menjadi runner-up Wimbledon tahun lalu itu bermain untuk pertama kalinya setelah menjalani operasi lutut pada Januari.

Suasana hatinya berubah buruk pada set pertama, dengan keluhan tentang warna handuk, pantulan lapangan rumput, dan kekurangan air minum.

"Saya butuh tiga pertandingan untuk mendapatkan handuk putih," kata Kyrgios, seperti disiarkan AFP, Rabu.

"Mereka menyerap keringat lebih baik. Saya selalu sama di setiap pertandingan. Semuanya memiliki handuk putih di ruang ganti."

"Saya tidak meminta untuk memindahkan gunung. Handuk putih benar-benar menghilangkan keringat dari tubuh saya - kami adalah atlet profesional."

Baca juga: Kyrgios mundur dari Indian Wells Masters

Kyrgios mengatakan bahwa dia masih harus memperbaiki permainan dan kebugarannya setelah memainkan pertandingan level tur pertamanya sejak Oktober lalu di Tokyo.

"Itu adalah pertandingan pertama saya dalam waktu yang lama," ujar Kyrgios.

"Saya pikir itu adalah tugas terakhir saya untuk keluar dari pemulihan, memainkan pertandingan dan melihat bagaimana lutut saya ditarik."

"Kredit untuk dia, dia bermain sebaik yang dia butuhkan untuk mengalahkan saya," kata Kyrgios mengenai Wu, petenis China yang memenangi gelar ATP Dallas pada Februari.

Kyrgios menambahkan bahwa dia harus membiasakan diri bermain di depan penonton lagi.

"Merasakan momen-momen seperti break point - semua hal itu baru lagi bagi saya," ujar Kyrgios.

"Saya berhasil melewati pertandingan tanpa rasa sakit yang berarti. Saya memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi saya mengambil beberapa tanda positif."

Kekalahan itu masih menampilkan 15 ace dari Kyrgios. Sementara, Wu berharap dapat meningkatkan servisnya sendiri dan mulai membiasakan diri dengan lapangan rumput.

"Saya sangat senang bisa melawan Nick di babak pertama, dia salah satu pemain terbaik di lapangan rumput," kata Wu.

"Kunci bagi saya adalah tetap tenang, tetap sabar dan mencari jalan.

"Dia memiliki servis yang lebih baik dari saya, tapi saya lebih sabar. Saya akan bekerja keras untuk meningkatkan servis saya."

Kyrgios akan bertanding pekan depan di lapangan rumput di Halle, Jerman, di mana dia kalah tahun lalu di semifinal.

Baca juga: Nadal menang di putaran pertama, Kyrgios mundur karena cedera
Baca juga: Kyrgios absen di French Open karena cedera setelah insiden perampokan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023