Jakarta (ANTARA) - Petenis putra Spanyol Rafael Nadal memulai upayanya dalam mempertahankan gelar Australian Open 2023 dengan kemenangan empat set atas Jack Draper dari Inggris, sementara andalan tuan rumah Nick Kyrgios tersingkir karena cedera.

Di kelompok putri Jessica Pegula yang sedang dalam performa terbaiknya dan Coco Gauff juga memenangi laga hari pertama Grand Slam pembuka tahun ini.

Nadal, 36, yang pada US Open 2022 tersingkir di babak 16 besar, sempat dalam performa yang buruk untuk petenis selevelnya. Ia kalah enam kali dari tujuh pertandingan terakhirnya.

Menghadapi Draper, 21, yang sedang naik daun, juara Grand Slam 22 itu kali itu mendapat ujian berat untuk memulai kiprahnya di Melbourne Park yang dalam cuaca terik.

Namun Nadal dapat bangkit dari keterpurukan di set kedua untuk mengalahkan petenis Inggris peringkat 38 dunia itu 7-5, 2-6, 6-4, 6-1 di Rod Laver Arena.

Baca juga: Nadal sangat termotivasi untuk hadapi Djokovic di Australia

Nadal, yang kini adalah seorang ayah, selanjutnya akan menghadapi petenis Amerika Serikat Mackenzie McDonald di putaran kedua.

"Sangat menyenangkan, awal baru, sangat senang bisa kembali ke Rod Laver dengan kemenangan yang saya butuhkan," katanya setelah mengalahkan Draper," seperti dikutip AFP.

"Beberapa bulan terakhir tidak mudah bagi saya... ini awal yang sangat positif."

Unggulan pertama Nadal masih bertanding ketika Kyrgios, petenis temperamental Australia, mengadakan konferensi pers mendadak untuk mengumumkan bahwa dia absen karena cedera lutut.

"Saya sangat terpukul, jelas," kata finalis Wimbledon, yang dijagokan untuk memenangkan mahkota Grand Slam perdananya.

Australian Open tahun ini juga telah kehilangan beberapa pemain bintang sebelum dimulai.

Petenis putra peringkat satu dunia Carlos Alcaraz yang cedera dan juara Melbourne dua kali Naomi Osaka -- yang sedang mengandung anak pertamanya -- adalah di antara pemain papan atas lainnya yang absen.

Juara Australia Terbuka sembilan kali Novak Djokovic, yang ditahan dan dideportasi menjelang turnamen tahun lalu setelah menolak divaksinasi COVID, akan memulai laga pada Selasa.

Pemenang lain dalam undian tunggal putra pada Senin termasuk petenis remaja China Shang Juncheng.

Petenis berusia 17 tahun itu, pemain termuda dalam babak utama putra, mengukir sejarah dengan menjadi pemain China putra pertama yang memenangkan pertandingan tunggal undian utama Australian Open.

Baca juga: Tunggal putra China cetak sejarah menangi babak utama Australian Open

Pemenang laga putaran pertama lainnya termasuk unggulan ke-18 Karen Khachanov, unggulan ke-10 Hubert Hurkacz dan unggulan ke-15 dari Italia Jannik Sinner. Tapi unggulan ke-21 Borna Coric kalah dari pemain Ceko Jiri Lehecka dengan straight set.

Pada kelompok putri, Pegula mengalahkan petenis Rumania peringkat 161 Jaqueline Cristian di Margaret Court Arena 6-0, 6-1 dalam pertandingan selama 59 menit.

Rekan senegaranya dari Amerika Gauff sama-sama eksplosif saat melaju ke putaran kedua dengan mengalahkan petenis Ceko Katerina Siniakova 6-1, 6-4 di Rod Laver Arena.

Gauff menuju Melbourne dengan semangat tinggi setelah memenangkan gelar WTA ketiganya di Auckland Klasik, sementara Pegula didorong oleh kekalahan atas petenis nomor satu dunia Iga Swiatek di United Cup.

Gauff yang berusia 18 tahun akan menghadapi pertemuan dinantikan melawan mantan juara US Open Emma Raducanu, yang mengalahkan Tamara Korpatsch 6-3, 6-2, hampir 10 hari setelah petenis Inggris itu tersingkir dari event Auckland dengan air mata karena cedera pergelangan kaki.

Baca juga: Aldila Sutjiadi pertama kalinya masuk unggulan Australian Open 2023

Ini akan menjadi pertemuan pertama antara Gauff dan Raducanu yang berusia 20 tahun, dua bintang tenis putri yang sedang naik daun.

"Saya sangat menantikan pertandingan ini," kata Raducanu.

"Saya sangat siap untuk itu. Coco jelas telah melakukan banyak hal hebat dan dia bermain bagus.

"Menurut saya kami sama-sama bagus, pemain muda, kami berdua datang benar-benar sebagai bagian dari generasi tenis berikutnya - ini akan menjadi pertandingan yang hebat."

Petenis putri lainnya yang juga lolos dengan aman adalah petenis AS finalis tahun lalu Danielle Collins. Dia mengalahkan Anna Kalinskaya 7-5, 5-7, 6-4.

Unggulan keenam asal Yunani Maria Sakkari juga menang.

Sementara itu dua unggulan tersingkir pada putaran pertama, yakni unggulan ke-25 dari Ceko Marie Bouzkova dan unggulan ke-28 dari AS Amanda Anisimova.

Unggulan teratas Swiatek akan memulai upayanya untuk meraih gelar pertama di Melbourne Park pada Senin malam melawan petenis Jerman Jule Niemeier.

Baca juga: Djokovic jadi favorit di Australian Open dengan misi "balas dendam"

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023