Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Perikanan mengirim sebanyak 10 ton ikan segar ke Provinsi Papua Pegunungan untuk mendukung acara Papua Pegunungan Christmas Week Festival 2023, berlangsung 16 hingga 20 Desember.

"Pengiriman ikan ke Wamena ibu kota Provinsi Papua sebagai hasil kerja sama setelah kesepakatan saat Sail Teluk Cenderawasih 21-26 November 2023," kata Bupati Herry Ario Naap di Biak, Kamis.
​​​​​
Diakuinya, potensi ikan tuna segar perairan Biak Numfor sangat menjanjikan mencapai 1,1 juta ton/tahun sehingga ke depan menjadi sumber ekonomi daerah dan masyarakat Biak Numfor.

Bupati Herry menyebut, jika potensi tuna segar dioptimalkan maka dalam satu tahun akan ada pemasukan ke daerah hingga Rp17 triliun.

"Jika pendapatan dari hasil laut Biak berupa ikan tuna besar menambah anggaran pendapatan daerah," katanya.

Pengiriman ikan laut segar pada Desember 2023 diangkut dengan menggunakan pesawat Hercules tiba sebanyak 5 ton ikan laut segar yang disiapkan dalam 103 kotak pendingin untuk menjaga kesegaran ikan, yang masing-masing kotak berisi 50 kilogram ikan.

Ikan sebanyak 10 ton dalam rangkaian festival PPCW 2023 dibagikan kepada calon penerima tali kasih Natal antara lain kepada gereja, panti asuhan, pendeta, guru agama, majelis jemaat, asrama pelajar dan lembaga-lembaga sosial di Wamena sekitarnya.

"Kerja sama ekonomi ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih di Biak pada tanggal 21-27 November 2023 lalu di Biak dalam rangka mendorong kerja sama ekonomi antar wilayah di Tanah Papua," sebut Pj Gubernur Papua Pegunungan Velix V Wanggai dalam keterangan tertulis.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023