Biak (ANTARA) - Dinas Perikanan Kabupaten Biak Numfor, pada festival ikan tuna Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 menyiapkan 10 ribu porsi ikan tuna sashimi  ala Jepang untuk dimakan bersama secara gratis.

"Makan ikan tuna sashimi terbuka untuk umum.Ya, siapapun pengunjung dari mana saja bisa menikmati menu ikan tuna mentah untuk disiapkan panitia STC dengan gratis," kata Kepala Dinas Perikanan Biak Effendi Igirisa di Biak, Rabu.

Diakui Effendi, untuk menyediakan 10 ribu porsi makan sashimi ikan tuna pihak Dinas Perikanan sudah melibatkan para pelaku usaha perikanan dan nelayan untuk menyiapkan bahan baku ikan tuna.

Effendi optimistis festival ikan tuna makan sashimi gratis menjadi daya tarik wisatawan maupun pengunjung dari berbagai lokasi di Kabupaten Biak Numfor.

Hingga saat ini pasokan bahan baku ikan tuna untuk dibuat sashimi, menurut Effendi, sudah disiapkan panitia pelaksana hingga hari pembukaan STC.

Bahan baku ikan tuna segar untuk jadi hidangan ikan dimakan mentah, menurut Effendi, akan disiapkan panitia STC bersama dinas perikanan serta Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Biak Numfor.

"Untuk semua warga Biak Numfor, wisatawan dan pengunjung STC bisa menikmati menu ala Jepang makan ikan sashimi," sebutnya.

Ia mengatakan,  penyelenggara STC Biak  menargetkan selama perhelatan STC pada November 2023 dapat berlangsung lancar, nyaman dan kondusif hingga selesai.

"Sebagai tuan rumah Biak inginkan STC 2023 sukses dan mendapat banyak tamu pengunjung dan wisatawan nusantara," harap Effendi.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023