Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengaku bahwa salah satu masalah utama yang dihadapi para Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah kesulitan adaptasi, terutama para ASN senior.

"Ada beberapa di sektor paling rendah, adaptif. Ternyata ASN kita ada masalah, termasuk kita semua. Terutama para pimpinan apalagi yang sudah eselon 2 dan 1, ini susah adaptif," kata Azwar Anas dalam sambutannya di acara Appreciation Day ASN Culture Festival 2023 di Jakarta Selatan pada Kamis.

Berdasarkan data indeks implementasi BerAKHLAK Nasional 2022, Anas mengatakan bahwa adaptif menjadi indeks BerAKHLAK dengan persentase terendah dengan masuk kategori C atau tidak sehat dengan nilai 38,9 persen.

Meski tidak semua, para ASN senior ini dinilai Azwar Anas masih 'terjebak' dengan masa lalu dan hal itu kerap mempengaruhi pengambilan keputusan dalam kementerian.

"Maunya pikiran dia. Masa lalu dia mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Padahal hal-hal baru ini mesti disesuaikan," ujarnya.

Oleh karena itulah indeks adaptif cukup rendah karena implementasinya rendah. Menurutnya kondisi yang tidak sehat ini perlu terus dibenahi, apalagi sektor tersebut sangat penting dalam mendorong transformasi.

"Yang tidak sehat di kategori C ini, karena ini adalah sektor yang justru penting dan ini harus dibangkitkan bersama. Dan juga dipecahkan bersama dalam hal adaptif ini," tuturnya.

Di sisi lain, pihaknya juga tengah menghimpun data survei Indeks BerAKHLAK Nasional 2023. Meski belum rampung sepenuhnya, sudah mulai terlihat adanya peningkatan. Dari rata-rata dari indeks 2022 di angka 60,9 persen, naik menjadi sekitar 61,1 persen.

Menpan RB kemudian berharap akan ada budaya baru bagi ASN ke depannya.

Kemenpan RB melalui unit kerja Deputi Bidang SDM Aparatur menggelar Appreciation Day ASN Culture Festival 2023 di Jakarta, Kamis.

Pada acara tersebut Menteri PANRB menyerahkan apresiasi atas hasil survei Indeks BerAKHLAK tahun 2023 kepada instansi pemerintah dengan kategori The Biggest Improvement dan The Highest Score dari Survei Indeks BerAKHLAK. Selain itu Menteri Anas juga memberikan penghargaan bagi 7 instansi pemerintah Top Exhibitors yang berpartisipasi dalam ASN Culture Festival 2023.

Hadir dalam acara tersebut, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto; Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini; Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo Manuhutu; para PPT Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian PANRB, BKN, dan Lembaga Administrasi Negara (LAN); serta segenap tamu undangan lainnya.
Baca juga: Menpan RB: Seleksi CASN 2024 dibuka luas untuk "fresh graduate"
Baca juga: MenPAN RB minta pemda tak bingungkan masyarakat dengan banyak aplikasi
Baca juga: Menpan RB sampaikan rencana rekrutmen CASN 2024 ke Presiden Jokowi

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023