Hasil pertandingan ini salah satunya ditentukan oleh siapa-siapa saja para pemain pengganti. Kalau ukuran ini berlaku, maka Bayern Muenchen berada di atas angin.
Muenchen (ANTARA News) - Betapa sulitnya untuk menyingkirkan cinta yang sudah lama dipendam (difficile est longum subito deponere amorem). Ungkapan Latin klasik itulah yang memenuhi drama sarat kenangan dari laga persahabatan antara Bayern Muenchen melawan Barcelona FC.

Laga persahabatan "Die Roten" melawan "Blaugrana" itu digelar di Stadion Allianz Arena pada Rabu, pukul 23.30 WIB. Laga ini disiarkan oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Ya, duel antara dua raksasa, dari Bundesliga dan dari La Liga yang disesaki memori yang bukan tidak mungkin mengharubiru siapa saja yang terlibat di dalamnya. Laga Muenchen melawan Barcelona, bukan sekedar baku tanding, tapi baku memori.

Blaugrana masih menyimpan asa pedih ketika dihajar habis-habisan FC Hollywood (0-7 agregat) dalam ajang Liga Champions musim lalu. Para pemain Barcelona menghadapi rekan satu timnya sendiri, Thiago Alcantara yang kini sudah berkostum Muenchen.

Skuad Barcelona juga menghadapi pelatih yang pernah ada di hati mereka, Pep Guardiola. Mereka pernah mengidolakan dan melekatkan predikat Guardiola sebagai legenda.

Nah, belum sepekan berjalan, Lionel Messi cs. ditinggal Tito Vilanova yang mengundurkan diri karena harus menjalani perawatan kesehatan karena kanker kelenjar ludah. Posisinya kini diganti oleh pelatih asal Argentina, Gerardo "Tata" Martino.

Martino memang telah menjadi manajer anyar Barcelona, tetapi ia tidak akan berada di Muenchen. Ia tengah berbenah untuk segera berangkat ke Spanyol, guna menyiapkan timnya dan meramu taktik.

Rubi dan Jordi Roura akan mendampingi Messi dan kawan-kawan ketika melawat ke Muenchen, bersua kembali dengan Guardiola. Dengan remah-remah penuh kenangan, mereka menghimpun segala kekuatan menghadapi raksasa Bavaria.

Sementara, Muenchen sebagai tim asal Jerman yang gandrung dengan corak sepak bola yang "trengginas menggilas lawan" terus merangsek seteru di bawahan arahan pelatih baru, Guardiola. Dalam enam pertandingan, mereka melesakkan 35 gol.

Guardiola bukan tanpa alasan ngotot memboyong Thiago Alcantara. Pemain muda usia asal Spanyol ini langsung menggebrak dalam dua pertandingan. Tidak diragukan, lini gelandang Munchen disinari oleh kemilau Alcantara.

Guardiola disebut-sebut tengah sibuk melakukan eksperimen dalam meramu taktik, dengan memainkan Ribery di lini gelandang. Pelatih bertalenta itu punya enam pemain yang siap mengisi posisi antara gelandang dan penyerang.

Sementara, Barcelona terus mematut diri dengan 12 pemain yang memang siap tempur, meski mayoritas pemain baik yang berasal dari Spanyol maupun Brazil, masih menjalani liburan setelah membela timnya di Piala Konfederasi 2013.

Ini artinya, Barcelona tidak diperkuat oleh Xavi, Andrés Iniesta, Sergio Busquets, Gerard Piqué, atau bahkan Neymar, atau Dani Alves.

Sejumlah pemain Barcelona yang siap tanding: Pinto, Montoya, Bartra, Mascherano, Adriano, Song, Sergi Roberto, Dos Santos, Messi, Tello, Alexis, dan Oier. Skuad ini diwartakan menjadi tim pertama.

Di laci Barcelona masih ada 11 pemain lainnya:  Ilie Sánchez, Carles Planas, Javi Espinosa, Sergi Gómez, Joan Román, Kiko Femenía, Partic Gabarrón, Dongou Tsafack, Dani Nieto, Jordi Quintillà, dan Sergi Samper.

Messi masih diliputi tanda tanya apakah dia akan diturunkan atau tidak, karena pemain bintang Barcelona itu perlu menjalani istirahat setelah melakoni banyak laga di musim lalu. Carles Puyol belum pulih benar dari operasi kesehatan, meski ia berjanji tampil setelah pulih seratus persen.

Prakiraan susunan pemain:

Bayern Muenchen (4-1-4-1):
Neuer (penjaga gawang), Philipp Lahm, Daniel van Buyten, Jerome Boateng, Diego Contento, Toni Kroos, Martinez, Thiago, Arjen Robben, Franck Ribéry, Thomas Müller

FC Barcelona (4-3-3):
Pinto (penjaga gawang), Montoya, Bartra, Mascherano, Adriano, Song, Dos Santos, Sergi Roberto, Tello, Messi, Alexis

Analisa taktik Barcelona FC:

Barcelona tanpa dukungan gelandang-gelandang ciamik tidak perkasa dalam memainkan penguasaan bola di lini tengah. Ini pada gilirannya, mempengaruhi daya gedor mereka di lini pertahanan Muenchen.

Tanpa Xavi, tanpa Busquets dan tanpa Iniesta, beban harus dipikul oleh Lionel Messi. Apakah hulu ledak Barcelona sebatas kepada Messi? Guardiola paham benar dengan lubang kelemahan mantan klubnya itu.

Muenchen dengan arahan Guardiola besar kemungkinan menggunakan formasi 4-2-3-1. Apakah dia akan memasang, Bastian Schweinsteiger dan Toni Kroos? Luiz Gustavo dan Thiago? Di tangan pelatih sekaliber Guardiola, segala sesuatunya mungkin saja terjadi.

Barcelona berusaha seoptimal mungkin memanfaatkan peluang mencetak gol ke gawang Muenchen. Skuad Blaugrana bersiap bergerak cepat dengan bola, bermain seefisien mungkin, dan berusaha ngotot mengalahkan Muenchen di Allianz Arena.

Entrenador dari negeri Matador itu akan mendaulat pasukannya untuk memainkan tempo, menekan lawan, dan "memaksa" Guardiola memutar otak, meski laga ini hanya berlabel pertandingan persahabatan. Duel tetaplah duel yang harus dimenangkan, sebagaimana duel kehidupan yang perlu direngkuh.

Analisa taktik Bayern Muenchen:

Menang 5-1 atas Borussia Monchengladbach dalam ajang Piala Telekom, membuktikan bahwa Bayern Muenchen demikian beringas.

Dalam 60 menit pertemuan kedua tim, raksasa Bundesliga dan juara Eropa itu terus bereksperimen dengan sistem anyar: menurunkan empat bek, tiga bek, tiga gelandang, enam gelandang. Formasi ini benar-benar siap mengaramkan lawan, termasuk Barcelona.

Di bawah mistar, Guardiola mempercayakan diri kepada Neuer. Bek kanan akan ditempati Philipp Lahm, sementara lini pertahanan dikawal oleh Jerome Boateng, Daniel Van Buyten dan Jan Kirchhoff.

Bastian Schweinsteiger besar kemungkinan absen dalam laga persahabatan ini. Luiz Gustavo diwartakan juga belum sepenuhnya dapat memperkuat klub.

Kekosongan ini bakal diisi oleh Toni Kroos dan Thiago Alcântara. Kedua pemain siap bahu membahu di lini gelandang. Apakah duet pemain ini dapat segera nyekrup? Perlu pemain berdisiplin tinggi di lini pertahanan Muenchen untuk menahan laju Messi.

Guardiola punya sejumlah gelandang yang siap meledak dalam diri Thomas Müller, Arjen Robben dan Franck Ribery. Apakah Lahm siap beroperasi di sektor gelandang?

Meskipun Guardiola menerapkan formasi "tanpa striker", ia bakal menggenjot Mario Mandzukic. Dan Guardiola punya dogma: kerja keras dan kerja keras.      
 
Prediksi tiga besar (Goal.com)

* FC Bayern Muenchen 1-3 FC Barcelona (10,39 persen)
* FC Bayern Muenchen 1-2 FC Barcelona (  8,87 persen)
* FC Bayern Muenchen 3-1 FC Barcelona (  8,66 persen)

Head to Head

UEFA Champions League (UCL)  1 May 2013  FC Barcelona 0 - FC Bayern Muenchen 3     
UEFA Champions League (UCL)  23 Apr 2013  FC Bayern München 4 - FC Barcelona 0     
Club Friendlies (FR)  27 Juli  2011  FC Barcelona 2 - FC Bayern München 0     
UEFA Champions League (UCL)  14 Apr 2009   FC Bayern München 1 - FC Barcelona 1     
UEFA Champions League (UCL)    8 Apr 2009   FC Barcelona 4 - FC Bayern München 0     

Lima laga terakhir:

FC Bayern Muenchen
21 Juli 2013    Borussia Mönchengladbach 1 - FC Bayern München 5    FR
20 Juli 2013    Hamburg 0 - FC Bayern München 4    FR
13 Juli 2013    Sonnenhof Großaspach 0 - FC Bayern München 6    FR
  9 Juli 2013    FC Bayern München 3 - Brescia 0    FR
 1 Juni 2013    FC Bayern München 3 - VfB Stuttgart 2    GERC

FC Barcelona
1 Juni 2013    FC Barcelona 4 - Malaga 1    LIGA
26 May 2013    Espanyol 0 - FC Barcelona 2    LIGA
19 May 2013    FC Barcelona 2 - Valladolid 1    LIGA
12 May 2013    Atletico Madrid 1 - FC Barcelona 2    LIGA
  5 May 2013    FC Barcelona 4 - Betis 2    LIGA
 
Narasi Prediksi:

* Hasil pertandingan ini bukan barometer satu-satunya untuk menakar kesiapan masing-masing tim, baik bagi Bayern Muenchen maupun Barcelona FC.
* Kedua tim memang tidak turun dengan skuad lengkap, tetapi kualitas laga sebagai tim dari Benua Biru menjadi jaminan bagi pertandingan menarik dan memesona di atmosfer bola, utamanya menyaksikan para pemain Barcelona B.
* Barcelona tampil tanpa manajer permanen memasuki laga di Allianz. Soalnya, lawan yang bakal dihadapi tim asuhan Pep Guardiola, meskipun laga ini hanya laga persahabatan.
* Hasil pertandingan ini salah satunya ditentukan oleh siapa-siapa saja para pemain pengganti. Kalau ukuran ini berlaku, maka Bayern Muenchen berada di atas angin.

Prediksi editor Antaranews.com:
Bayer Muenchen: 3
Barcelona FC: 1     


 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013