Pandeglang (ANTARA News) - Pemerintah daerah diminta tanggap dan segera memperbaiki jalan protokol longsor, berlokasi di Kampung Kabayan, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, yang sampai sekarang belum ada upaya perbaikan sehingga kondisinya semakin parah.

"Jalan tersebut sudah lama rusak akibat longsor, karena tidak juga diperbaiki kondisinya semakin parah," kata Chaerul, warga Kampung Kabayan di Pandeglang, Senin.

Untuk itu, ia berharap pemerintah Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang segera mengambil langkah untuk memperbaiki jalan tersebut sebelum kerusakan semakin parah.

Akibat terus dibiarkan, kata dia, kondisi jalan yang setiap hari dilewati ribuan kendaraan itu semakin menyempit sehingga rawan kecelakaan.

"Jalur tersebut sangat padat, karena menghubungkan Kabupaten Pandeglang dengan Lebak, jadi kita minta segera diperbaiki sebelum terjadi kecelakaan yang dapat menimbulkan korban," katanya.

Menurut dia, jalan raya tersebut kondisinya memprihatinkan karena pada sisi kirinya menglami longsor, bahkan sebagian badan jalan tersebut juga sudah mulai terkikis.

"Karena terus dibiarkan sekarang jalan tersebut nyaris amburuk. Kami juga heran mengapa dibiarkan saja, padahal jalan tersebut berada di wilayah Kota Pandeglang, dan telah ditinjau oleh Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, jelan tersebut sekarang mengalami penyempitan dan sudah beberapa kali menimbulkan kecelakaan, walapun tidak sampai memakan korban jiwa.

Chaerul menyatakan, keluhkan kerusakan jalan tersebut sebenarnya bukan dari masyarakat Kabayan saja, tapi para pengguna jalan protokol itu juga serang menyampaikan keluhannya dan berharap segera diperbaiki.

Romli, warga Kabayan lainnya menyatakan pemerintah jangan menunggu hingga ada korban jiwa untuk memperbiaki jalan itu.

"Masa harus menunggu adanya korban jiwa dulu, baru jalan tersebut diperbaiki. Kami mendesak jangan membiarkan kondisi jalan rusak itu berlarut-larut," ujarnya.

Koordinator Bidang Pengawasan pada Badan Pemantau Pembangunan Provinsi Banten (BP3B), Uus Suhendi, juga meminta pihak terkait agar jangan angan tutup mata dan membiarkan kondisi jalan akibat longsor tersebut menunggu lebih parah dan ada korban jiwa akibat kecelakaan lalulintas.

"Kami meminta kepada pemkab harus segera menindaklanjuti keluhan warga, dengan memperbaiki kondisi jalan agar tidak menimbulkan korban atau longsor susulan yang lebih parah lagi. Apalagi sudah ditinjau oleh bupati segala," katanya.

Semestinya, lanjut Uus, kalau sudah ditinjau oleh kepala daerah langsung harus segera diperbaiki dengan berbagai upaya, diantaranya mendesak pada pemerintah pusat segera melakukan perbaikan.

Pewarta: Sambas
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013