Balikpapan (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan, serta pos terpadu untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru dalam Operasi Lilin Mahakam 2023.

"Kami siapkan seluruhnya sebanyak 72 posko," kata Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Kaltim Brigjen Pol Mujiyono seusai Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan pengamanan Nataru(Natal-Tahun Baru) di Gedung Mahakam Polda Kaltim, Kamis.

Posko itu dibentuk agar masyarakat melaksanakan ibadah Natal dan liburan Tahun Baru dengan aman dan tertib.

Pos terpadu itu, menurut Mujiyono, tersebar di beberapa titik yang dianggap rawan, yaitu rawan kemacetan, tempat keramaian, tempat ibadah, hingga tempat wisata.

"Mereka yang sedang dalam perjalanan bila ada yang mau istirahat sejenak, mereka yang butuh informasi, hingga mereka yang jadi korban kejahatan, bisa singgah atau lapor ke pos terdekat, termasuk kalau ada yang sakit saat dalam perjalanan tersebut," kata Wakapolda

Mujiyono mengatakan di pos-pos itu akan ada personel Polda Kaltim dan polres setempat, personel TNI dari Kodam VI Mulawarman atau dari kesatuan lainnya sesuai penugasan, Korem 091 Aji Natakesuma, Pemprov Kaltim, Dinas Perhubungan, dan lainnya.

"Dari kami, Polda dan Polres melibatkan 1.905 personel," ujarnya.

Mujiyono mengatakan akan ada penertiban petasan dan kembang api dalam operasi Lilin Mahakam tersebut.

"Untuk petasan yang tidak sesuai ukurannya, kecuali sesuai dengan ketentuan dan untuk pelaksanaan pesta kembang api dengan ukuran besar, harus ada izin dari Kepolisian," jelas Wakapolda.

Pada kesempatan itu juga Wakapolda Mujiono mengingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati.

Dia juga mengimbau masyarakat bila meninggalkan rumah dalam waktu lama memastikan tidak ada kompor atau lainnya yang menyala, Bila perlu regulator gas dilepaskan dari tabungnya, dan keran-keran air tertutup rapat.

Di perjalanan ia juga mengingatkan agar berhati-hati bila membawa barang berharga selain berhati-hati dalam berkendara agar selamat sampai tujuan. 
Baca juga: Polres Bogor siapkan 17 pos pelayanan Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Lampung segera siapkan pos kesehatan jelang Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Polda Jatim dirikan 87 pospam amankan Natal dan tahun baru


Pewarta: Novi Abdi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023