Kami telah bersiaga, ada 8 titik yakni 7 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan
Depok (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Jawa Barat, siap membantu kelancaran arus lalu lintas saat perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan menyediakan pos pelayanan di Terminal Terpadu Depok.

"Kami telah bersiaga, ada 8 titik yakni 7 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan. Titik tersebut telah ditentukan oleh Polres Metro Depok. Namun kami sendiri juga membuka pos pelayanan di Terminal Terpadu Kota Depok. Khusus Terminal Terpadu memang belum ada lonjakan yang berarti," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Eko Herwiyanto di Depok, Sabtu.

Eko mengatakan puluhan personel disiagakan dan tergabung dalam personel gabungan Operasi Lilin Jaya 2022 bersama Polres Metro Depok.

Menurut Eko, total personel yang dikirimkan disesuaikan dengan kebutuhan. Karena petugas dari Dishub tergabung dalam personel gabungan dengan kepolisian, TNI, Satpol PP dan unsur lainnya.

Baca juga: SKSG UI dan Pemkot Depok bentuk kelompok pemerhati masalah sampah

Baca juga: Mahasiswa UI ciptakan aplikasi SAKTI percepat penurunan kasus stunting


"Petugas tambahan dari Dishub lebih kepada penebalan. Sebab, mereka sudah bersiaga sesuai tupoksinya sama seperti hari biasa. Kurang lebih 200 personel yang disiapkan, jadi mereka juga ada yang di lapangan, memantau ATCS, Tim Derek dan Tim Penerangan Jalan Umum (PJU)," jelasnya.

Lebih lanjut, ucapnya, Dishub nantinya membantu untuk melakukan pengaturan lalu lintas. Sekaligus mencegah kerumunan di wilayah yang berpotensi keramaian.

​​​​​Dikatakannya, Dishub juga bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah melakukan ramp check pada armada bus di Terminal Jatijajar.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kesehatan kendaraan sebelum mengangkut penumpang pada periode libur Natal dan tahun baru.

Baca juga: Pekan Budaya Daerah Jabar di gelar di Alun-alun Depok

Baca juga: Pemkot Depok salurkan bantuan Rp700 juta untuk korban gempa Cianjur

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022