Jakarta (ANTARA) -
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyebutkan nilai-nilai utama AKHLAK (Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyalitas, Adaptasi, serta Kolaboratif) adalah modal kuat bakti Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk negeri.
 
"Harapan saya ASN mampu melakukan revolusi mental pada dirinya, kita tetap berbakti untuk negeri ini, jangan hanya fokus pada diri sendiri apalagi fokus memperkaya diri," ujar Hasto dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.
 
BKKBN menyelenggarakan ASN Culture Fest 2023 pada Rabu (13/12) dengan tujuan menginternalisasi nilai-nilai AKHLAK, karena prinsip-prinsip dasar di dalamnya erat berhubungan dengan nilai-nilai manusia yang tak terlihat.
 
"Kita hidup dalam era Internet of Things (IoT) yang serba otomatis, sehingga di balik teknologi tersebut, ada nilai-nilai kemanusiaan yang hilang. Kemudian lahirlah era 5.0, dimana manusia ditekankan kembali sebagai komponen utama, harapan saya nilai-nilai utama AKHLAK mengarah ke sana," ujarnya.
 
Masing-masing nilai AKHLAK dan internalisasinya dalam kehidupan pekerjaan ASN, kata dia, meliputi orientasi pada pelayanan akuntabel, kompeten, hBaca juga: Kemendagri tegaskan ASN harus menanamkan nilai dasar Ber-AKHLAKarmonis, loyalitas, adaptasi, serta kolaboratif.
 
 
Dalam gelaran ASN Culture Fest itu, BKKBN juga menghadirkan Generasi Berencana (Genre) yang menunjukkan bahwa BKKBN juga menaruh perhatian khusus pada para remaja sebagai agen perubahan.
 
Sementara itu Kepala Biro Sumber Daya Manusia BKKBN Viktor Hasiholan Siburian mengemukakan nilai ber-AKHLAK dapat secara nyata diterapkan melalui kedisiplinan menaati perubahan peraturan jam kerja.
 
"Ketika kita tidak mengikuti perubahan, maka kita akan tertindas oleh perubahan itu sendiri. Orang yang bisa bertahan adalah orang yang mau beradaptasi. Itulah salah satu nilai ber-AKHLAK," ujar Viktor.
 
Menurutnya, perilaku, nilai, dan keyakinan ASN harus mengacu kepada AKHLAK, dengan demikian pelayanan kinerja dapat diwujudkan.
 
"Pada momentum ini kami mengajak seluruh ASN BKKBN untuk menjadi pribadi yang mampu beradaptasi, bertahan dalam kondisi apapun, kerja sama dengan siapapun, mampu mempelajari hal-hal baru dengan cepat, serta mampu tetap berprestasi dalam segala kondisi yang ada," kata Viktor.

Baca juga: Yaqut: ASN Kemenag harus jadi teladan pengamalan AKHLAK
 
 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023