Jakarta (ANTARA) - Asian Development Bank (ADB) masih terus melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Indonesia terkait rencana pembiayaan pembangunan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) koridor Timur-Barat di Ibu Kota Jakarta, kata Direktur ADB untuk Indonesia Jiro Tominaga.

"Kami sedang berdiskusi secara aktif ... untuk membantu mereka dalam hal pendanaan dan bantuan teknis," kata Tominaga dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

MRT koridor Utara-Selatan sudah beroperasi sepanjang 16 kilometer dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI Jakarta. MRT mencatat rata-rata penumpang harian mencapai 100.000 ribu orang per hari.

MRT Jakarta memperluas proyek MRT yang mencakup pembangunan jalur sepanjang 15,7 kilometer dari Bundaran HI hingga Ancol Barat. Pembangunan ini dibagi menjadi dua fase, yakni fase 2A dan 2B.

Saat ini sedang dibangun fase 2A yang meliputi jalur Bundaran HI sampai Kota. PT MRT Jakarta menargetkan jalur ini dapat beroperasi antara 2028 atau 2029. Adapun fase 2B akan dibangun untuk jalur Kota hingga Ancol Barat.

Sementara itu, MRT Jakarta koridor Timur-Barat akan terbentang sepanjang 84,1 kilometer dari Balaraja, Banten hingga Cikarang di Jawa Barat. Fase 1 Tahap 1 MRT koridor Timur-Barat akan meliputi jalur dari Tomang di Jakarta hingga Medan Satria di Bekasi.

Fase 1 Tahap 1 MRT Jakarta koridor Timur-Barat akan memiliki 21 stasiun yang terdiri dari delapan stasiun bawah tanah dan 13 stasiun layang. Koridor ini juga akan terintegrasi dengan koridor Utara-Selatan dengan titik temu di Stasiun Thamrin yang saat ini sedang dibangun.

Pada bulan lalu, Pemerintah Indonesia dan Japan International Cooperation Agency (JICA) telah menandatangani risalah pembahasan penilaian (minutes of discussion/MoD of appraisal mission) proyek MRT koridor Timur-Barat Fase 1 Tahap 1.

JICA merupakan lembaga bantuan pembangunan resmi Pemerintah Jepang yang berfokus pada penyediaan bantuan keuangan dan teknis kepada negara-negara berkembang untuk mendukung pembangunan ekonomi dan sosial. JICA juga merupakan salah satu pihak yang berkomitmen untuk membantu pembangunan infrastruktur transportasi massal di Indonesia, termasuk MRT.

Baca juga: MRT-Ancol kerja sama pembangunan fase dua
Baca juga: Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Thamrin-Monas capai 65 persen
Baca juga: MRT Jakarta perkuat mitigasi risiko selama musim hujan

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023