Palu (ANTARA News) - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) M Nasser mengatakan pihaknya telah menyiapkan lima nama calon Kepala Polri untuk diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

M Nasser kepada wartawan di Palu, Rabu, menyebutkan kelima nama itu adalah Komjen Pol Sutarman, Komjen Pol Anang Iskandar, Komjen Pol Budi Gunawan, Irjen Pol Putut Bayuseno dan Irjen Pol Anas Yusuf.

Selama ini Kompolnas telah melakukan penelitian dan mempelajari rekam jejak calon Kapolri sebagai pengganti Jenderal Pol Timur Pradopo.

Rekam jejak itu berupa tanggapan dari masyarakat serta penelusuran di tempat-tempat calon Kapolri itu pernah bertugas.

Selain itu Kompolnas juga bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) guna mengetahui data yang lebih mendalam dari para calon Kapolri itu.

Nasser mengatakan kelima calon Kapolri tersebut adalah orang kompeten dan dinilai mampu menjadi orang nomor satu di Polri.

"Semuanya bagus, tinggal Presiden yang menentukan dan selanjutnya menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR RI," katanya.

Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo sendiri akan mengakhiri masa jabatannya pada Agustus 2013, selain itu masa tugas Wakil Kapolri Komjen Pol Nanan Sukarna juga hampir habis karena akan memasuki waktu pensiun.

Nasser mengatakan saat ini Polri sedang menggodok nama-nama calon Wakapolri pengganti Komjen Pol Nanan Sukarna.

Dia juga mengaku belum mengetahui nama-nama calon Wakapolri. (R026/R010)

Pewarta: Riski Maruto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013