Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Paslon nomor urut 3, Chico Hakim mengatakan Ganjar Pranowo-Mahfud Md punya komitmen kuat menyelesaikan kasus HAM masa lalu.
 
"Political will yang kuat, ketegasan, serta keyakinan bahwa untuk kita sebagai bangsa bisa lepas landas tanpa beban di masa lalu, adalah salah satunya dengan menyelesaikan banyak kasus HAM yang tertunda," kata Chico dalam keterangannya di Jakarta pada Jumat.
 
Dalam debat perdana Pilpres 2024, Ganjar Pranowo menyatakan keinginannya mengembalikan Undang-Undang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (UU KKR) untuk membereskan persoalan pelanggaran HAM.
 
Menurut Ganjar, persoalan pelanggaran HAM harus dituntaskan, maka bangsa ini akan maju dan tidak berpikir mundur.

Baca juga: TPN: Kasus HAM masa lalu tak punya tenggat kedaluwarsa

Baca juga: Ganjar beberkan langkah konkret tuntaskan kasus HAM masa lalu
 
Chico mengatakan Ganjar menjadi salah satu capres yang fokus pada penyelesaian kasus HAM. Masyarakat bisa dengan jelas melihat komitmen itu dalam dokumen visi-misi Ganjar-Mahfud.
 
"Ganjar tidak ragu dalam menjalankan rencana untuk benar-benar menyasar ke jantung permasalahan. Isu HAM masa lalu akan menjadi beban peradaban bangsa bila tidak pernah selesai dengan tuntas," ujar Chico.
 
Menurut Chico, visi-misi Ganjar soal hukum dan HAM adalah yang paling tegas, tidak mengawang-awang, membumi, dan tepat sasaran dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada sekarang.
 
KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga: Ganjar nilai Prabowo tak tegas soal kasus HAM di masa lalu
 
Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023