Jakarta (ANTARA) -
Tiga pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) telah memasuki hari ke-17 masa kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 yakni Kamis (14/13).

Pada hari ke-17 itu, capres-cawapres yang terdiri dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md telah melakukan kampanye ke beberapa wilayah di Indonesia
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri menjadwalkan waktu kampanye hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dilakukan pada 14 Februari 2024.
 
Berikut rangkuman kegiatan kampanye para pasangan calon di hari ke- 17 masa kampanye.
 
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
 
Pada hari ke-17 kampanye Pemilu 2024, Anies Baswedan berkampanye di Provinsi Jambi tanpa didampingi cawapres Muhaimin Iskandar.
 
Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), dalam keterangan yang diterima di Jakarta menjadwalkan kampanye Anies berlangsung di Kota Jambi; sementara Muhaimin di waktu yang sama masih melaksanakan ibadah umroh.
 
Anies memulai kampanye pukul 09.30 WIB dengan mendengarkan aspirasi masyarakat di Pasar Pagi Angso Duo di Kota Jambi. Kemudian, pada pukul 10.40 WIB, Anies berada di Abadi Convention Center untuk mengikuti "Tanyo Bang Anies" bersama anak muda dan BEM se-Jambi.
 
Selanjutnya, pukul 13.35 WIB, Anies melakukan kampanye terbatas dengan masyarakat Jambi di lokasi Abadi Convention Center. Lalu, Anies melanjutkan silaturahim kepada ulama-ulama Jambi pada pukul 15.35 WIB, masih di lokasi serupa.
 
Sebelum berkampanye di Jambi, Rabu (13/12), Anies menyapa masyarakat di beberapa lokasi di Kota Pekanbaru, Riau.
 
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
 
Di hari ke- 17 kampanye, Prabowo Subianto tidak melakukan kampanye melainkan hanya menjalankan tugas sebagai Menteri Pertahanan RI.
 
Dia dijadwalkan meresmikan turnamen sepak bola Nusantara Open U-17 di gelanggang sepak bola Akademi Garudayaksa, Bekasi, Jawa Barat.
 
Prabowo pun menghadiri pembukaan kompetisi itu pada siang hari. Setelah itu, Prabowo kembali bertugas seperti biasa sebagai Menteri Pertahanan.
 
Pada saat yang sama, cawapres Gibran Rakabuming Raka tidak melakukan kampanye, tetapi hanya bertugas di Surakarta sebagai wali kota.
 
Ganjar Pranowo-Mahfud Md
 
Pada hari ke-17 kampanye Pilpres 2024, Ganjar Pranowo bertemu dengan pengusaha, buruh tani, nelayan, dan bersilaturahim ke pondok pesantren; sementara cawapres Mahfud MD mengunjungi dua ponpes serta memberikan pidato pelayanan publik.
 
Pada pagi hari Ganjar dijadwalkan menghadiri acara Inkindo di Jakarta. Kemudian, pada pukul 10.40 WIB, Ganjar berkunjung ke Tangerang untuk bertemu Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud, caleg, dan relawan di Istana Nelayan Tangerang.
 
Pukul 13.10, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menghadiri acara pertemuan dengan buruh tani dan nelayan di Taman Marakas Pondok Ungu, Babelan, Kabupaten Bekasi.
 
Kemudian, pukul 14.55 WIB, Ganjar menghadiri konsolidasi buruh dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Gedung Guru, Kabupaten Bekasi.
 
Lalu, pukul 16.40 WIB, Ganjar menghadiri pertemuan dengan TPD Ganjar-Mahfud, caleg, dan relawan Kabupaten Bekasi di Cibitung.
 
Kampanye terakhir Ganjar pada Kamis adalah menghadiri silaturahim dengan Gus Atok dan kiai di Pondok Pesantren Nurul Huda Bekasi, pukul 19.20 WIB.
 
Sementara itu, Mahfud MD pada Kamis pagi hadir dalam acara pengajian dan silaturahim di Ponpes Darul Ulum Kresek, Serang Timur, Banten.
 
Pukul 14.00-16.00 WIB, Mahfud MD, selaku menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menkopolhukam), mewakili Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kunci pada acara Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2023 di Jakarta.
 
Pada Kamis malam, Mahfud juga dijadwalkan menerima kunjungan dari perwakilan organisasi difabel.
 
KPU RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar tanda tangani Piagam Perjuangan Nurul Huda kembangkan pesantren
Baca juga: Prabowo disebut tak tahan jadi oposisi, TKN: Omongan tidak bersumber
Baca juga: Anies janji perbaiki tata niaga perdagangan dan perkebunan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023