Changsa, Tiongkok, (ANTARA/PRNewswire) - Divas Hit the Road ("Program"), program travel reality show populer, diproduksi dan diluncurkan oleh Hunan TV dan Mango TV, hadir kembali dalam musim kelima dengan tema baru yang mengajak audiens dalam perjalanan menjelajahi dunia di negara-negara Belt and Road Initiative (BRI). Memperingati hari jadi BRI ke-10, musim terbaru dari program ini menampilkan tujuh pesohor Tiongkok—lima aktris, Dilraba Dilmurat, Qin Lan, Qin Hailu, Xin Zhilei, dan Zhao Zhaoyi, bersama dua aktor, Wang Anyu dan Hu Xianxu. Ketujuh sosok ini menjalani petualangan seru dengan bujet hemat, berawal dari Arab Saudi, lalu menuju ke arah utara hingga melintasi Kroasia dan mengeksplorasi pemandangan memukau di Islandia. Lewat petualangan ini, para pesohor menggali berbagai kebudayaan lokal sehingga audiens dapat mengikuti perjalanan eksotis tersebut.

Program populer ini berperan positif dalam pertukaran budaya global, menjadi jendela bagi Tiongkok dan berbagai negara yang saling berkomunikasi dalam BRI. Misalnya, warga lokal Kroasia saling bertukar kado dengan tamu asal Tiongkok, serta berbagi kisah tentang dampak transformatif dari pembangunan sebuah jembatan yang dipimpin Tiongkok. Warga Saudi dan tamu asal Tiongkok juga saling mempelajari bahasa masing-masing ketika menulis kata-kata "Cinta dan Perdamaian".

Audiens juga akan menikmati sejumlah destinasi yang paling indah dalam tur tersebut, termasuk menyaksikan sejumlah kesuksesan BRI. Kereta Cepat Haramain, mencapai panjang 450,28 kilometer, dibangun oleh China Railway 18th Bureau Group, merupakan proyek infrastruktur penting yang menembus wilayah gurun pasir, serta mempersingkat jarak tempuh dari sebelumnya 5-6 jam menjadi kurang dari 2 jam. Sebuah bangunan penting di Kroasia Selatan, Jembatan Peljesac, adalah proyek infrastruktur terbesar yang dibangun Tiongkok di Eropa Timur. Jembatan ini, sepanjang 2.440 meter, menghubungkan Kroasia daratan dengan Semenanjung Peljesac, sehingga menyatukan wilayah utara dan selatan Kroasia.

Sejak ditayangkan Mango TV dan Hunan TV, program ini telah meningkatkan antusiasme pariwisata Silk Road di kalangan audiens internet. Bahkan, arus kunjungan pada platform perjalanan wisata daring melesat di atas 772% dengan kata kunci pencarian "Arab Saudi".

Dengan membina persahabatan internasional, Program ini mempromosikan pertukaran budaya. Ketika mengeksplorasi destinasi eksotis lewat perjalanan kultural, ketujuh pesohor tersebut, bersama tim produksi, menghadirkan kebudayaan Tiongkok bagi keluarga lokal yang dikunjungi. Hal ini pun mempererat pemahaman dan apresiasi antara bangsa yang berbeda-beda.

Dalam sebuah episode yang menjelajahi keindahan Kroasia, Diliraba, seorang aktris berbakat asal Xinjiang, Tiongkok, mengagumi busana etnis di Xinjiang, "Etles", serta menyaksikan pertunjukan tari tradisional yang sangat menarik. Penampilan ini mencerminkan semangat kebudayaan nasional Tiongkok di internet, bahkan memicu perbincangan di kalangan komunitas internet di seluruh dunia. Penampilan tari yang memukau ini juga menarik perhatian audiens internasional yang terkagum-kagum dengan pakaian etnis tradisional Tiongkok, serta mendalami pesona kebudayaan Tiongkok.

Anda dapat menonton Program tersebut lewat tautan berikut: https://w.mgtv.com/b/593651.html

Pewarta: Irvan Ariyana
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023