Surabaya (ANTARA) - Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk bersama-sama menjaga kedaulatan dan kemajuan bangsa Indonesia.

"Saya merasa yakin dengan kepemimpinan Gubernur Khofifah bersama Pemprov Jatim ini yang sudah mengerti dan sangat memahami prinsip industri media akan terus bersama-sama dengan ANTARA membangun Jawa Timur menuju sejahtera dan makmur," ujarnya saat memberi sambutan dalam kegiatan "Anugerah ANTARA Jatim 2023" dalam rangka HUT Ke-86 LKBN ANTARA di Surabaya, Jumat.

Menurut Cak Munir, sapaan akrabnya, pada era sekarang yang patut diwaspadai adalah hoaks yang bisa berdampak pada industri media.

"Industri media sekarang ini dalam keadaan tidak baik-baik saja, karena sekarang ini berada dalam sebuah hegemoni platform global," ucapnya.

Menurut dia, hal tersebut menjadi tantangan ke depan yang harus bisa ANTARA antisipasi agar dapat terus relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Dirut: ANTARA sejalan dengan OANA dalam pemberantasan hoaks

Baca juga: ANTARA terima penghargaan Wapres atas berita berkelanjutan stunting

Baca juga: Dirut ANTARA: ASEAN Newsroom "embrio" asosiasi media di kawasan


"Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Khofifah yang selalu bersinergi dengan LKBN ANTARA di tengah kesibukan beliau," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Biro LKBN ANTARA Biro Jatim Rachmad Hidayat mengatakan Anugerah ANTARA Jatim 2023 merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan kepada kepala daerah, instansi pemerintah, perusahaan BUMD dan swasta.

"ANTARA Jatim memberikan apresiasi ini atas pengabdiannya yang luar biasa untuk Provinsi Jawa Timur," katanya.

Pemberian anugerah tersebut, lanjutnya, dipilih berdasarkan indikator-indikator penilaian yang terukur serta dapat dipertanggungjawabkan.

"Kami menilai hal itu layak untuk diberikan apresiasi dalam dedikasinya membangun Provinsi Jawa Timur secara konsisten dan betul-betul dirasakan oleh masyarakat hingga hari ini," ucapnya.

Selain itu, ANTARA Jatim juga memberikan apresiasi kepada beberapa tokoh yang dianggap telah menjadi inspirator dan motivator dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Jawa Timur.

"Penilaian ini sudah dilakukan sejak awal tahun lalu. ANTARA Jatim diam-diam mengamati dan menilai apa yang telah dilakukan sampai dengan hari ini sehingga dapat dilaksanakan kegiatan Anugerah ANTARA Jatim 2023 khususnya dalam rangka menilai program Nawa Bhakti Satya," ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap seluruh elemen dan pemangku kepentingan dapat memberikan motivasi kepada LKBN ANTARA terutama Biro Jatim agar bisa menjaga eksistensi dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Ke depannya ingatkan kami apabila melakukan kesalahan dan kekhilafan serta bantu kami untuk terus tumbuh serta berkembang, karena ANTARA tidak akan bisa besar tanpa bantuan dari semua pihak," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023