Salah satu wujud nyata adalah membangun pabrik pupuk organik lengkap, mulai dari proses dan membuatnya, kemudian mendistribusikan kepada masyarakat secara gratis, agar tidak ada lagi persoalan kelangkaan pupuk di Jember
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Bupati Jember Hendy Siswanto meraih penghargaan kategori kepala daerah inovator peningkatan ketersediaan pangan di Jawa Timur, yang diberikan langsung oleh Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir dalam Anugerah ANTARA Jatim 2023 yang digelar di Surabaya, Jumat.

Kepala Biro LKBN ANTARA Jatim Rachmat Hidayat mengatakan Pemkab Jember memiliki solusi dalam memenuhi kebutuhan pupuk para petani dan mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi, salah satunya membangun pabrik pupuk organik.

"Di sejumlah daerah mengalami kelangkaan pupuk akibat pemerintah membatasi pupuk bersubsidi, sehingga inovasi dan gebrakan yang dilakukan Bupati Jember menjadi angin segar bagi sektor pertanian di wilayah setempat," tuturnya.

Baca juga: Pabrik pupuk organik di Jember mulai dibangun di Desa Wirowongso

Ia mengatakan tersedianya pabrik pupuk organik merupakan salah satu janji Bupati Hendy Siswanto pada era kepemimpinannya bersama Wakil Bupati M Balya Firjaun Barlaman, agar masyarakat di Kabupaten Jember tidak kesulitan lagi mendapatkan pupuk.

"Saat ini Kabupaten Jember menempati urutan keempat terbesar dalam swasembada pangan dari hasil pertanian di Jawa Timur, sehingga layak kami memberikan penghargaan kepada Bupati Hendy Siswanto atas inovasi dan kebijakannya itu," kata Rachmat Hidayat.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan penghargaan dari LKBN ANTARA Jawa Timur menjadi pemicu untuk mewujudkan ketahanan pangan yang lebih baik lagi. Pihaknya sudah memulai dengan Program Jember Daulat Pangan (J-Daulat Pangan).

Baca juga: Jember jadi percontohan penerapan konsep pertanian cerdas iklim

"Salah satu wujud nyata adalah membangun pabrik pupuk organik lengkap, mulai dari proses dan membuatnya, kemudian mendistribusikan kepada masyarakat secara gratis, agar tidak ada lagi persoalan kelangkaan pupuk di Jember," katanya.

Ia berharap persoalan ketahanan pangan akan dikembangkan dan harus benar-benar konsisten di Jember. Jangan sampai, kata dia, berubah fungsi di luar sektor pertanian.

"Pertanian harus menjadi visi misi utama dalam membangun Jember selama-lamanya, karena membesarkan Jember dengan J-Daulat Pangan tentu akan memberikan hasil yang luar biasa dengan kolaborasi semua pihak pemangku kepentingan, termasuk ANTARA," katanya.

Baca juga: Khofifah apresiasi pertanian organik dan ekspor buah organik Jember
 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023