Jakarta (ANTARA) - Mengamati tren perilaku konsumen di tahun ini, berbelanja melalui fitur live streaming menjadi daya tarik utama karena menghadirkan pengalaman menyenangkan penuh dengan interaksi.
 
Shopee Video menjadi salah satu ruang kreasi bagi UMKM dan Brand Lokal untuk memberikan informasi dan hiburan mengenai produknya melalui konten video pendek yang menarik.
 
Terbukti di 12.12 Birthday Sale, terjadi lonjakan antusiasme pengguna dalam memanfaatkan fitur ini di mana pada puncak kampanye peningkatan pesanan melalui Shopee Video mencapai 45 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Baca juga: Harbolnas 2023 siap digelar, target transaksi mencapai Rp25 triliun
 
Selain kreasi konten video, fitur live streaming juga masih menjadi gaya belanja yang menarik perhatian pengguna. Pada kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini, sesi Shopee Live menarik banyak perhatian, tercatat peningkatan transaksi lebih dari 49 kali lipat pada puncak 12.12.
Fitur Shopee Live dan Shopee Video jadi andalan saat 12.12 Birthday Sale (ANTARA/dok.istimewa)
 
Tingginya antusiasme ini membuka lebih besar peluang bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan performa dan penjualan. Interaksi yang dihadirkan, keseruan saat mempromosikan sebuah produk hingga kemudahan untuk menjawab pertanyaan calon pembeli, merupakan tiga dari banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Shopee Live.
 
"Tahun ini kami dapat menyaksikan bagaimana performa bisnis brand lokal dan UMKM mengalami pertumbuhan dengan meningkatnya antusiasme pengguna terhadap produk lokal, kelengkapan dan rangkaian penawaran menarik yang memberikan keuntungan maksimal bagi pembeli dan fitur terkini yang memberikan ruang berkreasi bagi konten kreator untuk memperluas jangkauan nya," ucap Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna, dalam keterangan pers yang diterima, Sabtu.

Baca juga: Peluang ekspor UMKM naik 4 kali lipat di Shopee 11.11 Big Sale
 
Melihat tingginya aktivitas belanja di tengah momentum menyambut akhir tahun, periode ini dapat menjadi ruang dalam menghadirkan kesempatan dan peluang lebih besar.
 
Melalui kampanye 12.12 Birthday Sale nya yang ikonik, keseruan penawaran pada Shopee Live & Shopee Video menjadi bagian dari rangkaian semarak 8 tahun Shopee beroperasi.
 
Interaksi dan keseruan yang dihadirkan melalui pengalaman belanja yang menarik perhatian pengguna, puncak kampanye 12.12 Birthday Sale mencatatkan peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.
 
Fitur Shopee Live dan Shopee Video tidak hanya menghadirkan medium untuk para pelaku usaha untuk menjangkau konsumennya, tetapi juga berjalan bersama dan berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan industri lokal.
 
Adaptasi dan inovasi yang dilakukan semakin meningkatkan daya tarik serta menghadirkan solusi yang dapat menjawab kebutuhan, baik pembeli maupun penjual.

Baca juga: Transaksi Somethinc naik 14 kali lipat di Shopee 10.10 Brands 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023