Jakarta (ANTARA) - Penyedia solusi open source terdepan di dunia Red Hat., Inc., mengumumkan ketersediaan umum Red Hat Ansible Lightspeed dengan IBM watsonx Code Assistant, layanan generative AI untuk membantu enterprise mempercepat otomatisasi IT di seluruh organisasi.

Red Hat Ansible Lightspeed menghasilkan rekomendasi konten melalui prompt dari pengguna, berintegrasi dengan IBM watsonx Code Assistant untuk mengakses model dasar IBM dan dengan cepat membuat konten Ansible.

Layanan ini dibangun khusus untuk Ansible, membantu pengguna untuk menjembatani kesenjangan antara ide otomatisasi dan penciptaan konten Ansible. Ini tidak hanya meningkatkan aksesibilitas otomatisasi bagi semua personel tim IT, namun juga memungkinkan praktik konten terbaik dan pemeliharaan di seluruh organisasi, menghasilkan otomatisasi yang lebih baik dan lebih konsisten.

Baca juga: DGB UI: Pemanfaatan Artificial Intelligence perlu edukasi yang benar

Senior vice president and Chief Product Officer, Red Hat Ashesh Badani mengatakan AI menawarkan peluang sangat besar bagi enterprise untuk mempercepat inovasi. Red Hat telah menciptakan dua jalan untuk membuatnya praktis dan khusus untuk prioritas yang sudah ada yaitu menyediakan fondasi untuk membangun, menyempurnakan dan membagi beban kerja AI dan kapabilitas yang sudah diperkuat dengan AI untuk platform kami, termasuk Ansible.

"Kami sudah menunjukkan apa yang bisa dilakukan domain-specific AI untuk otomatisasi IT di level komunitas, dan ketersediaan umum Ansible Lightspeed dengan watsonx Code Assistant memiliki potensi untuk menutup kesenjangan keterampilan, menciptakan efisiensi organisasi yang lebih besar dan membebaskan tim IT enterprise untuk memberikan nilai bisnis yang lebih besar," ucap Ashesh Badani dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (15/12).

Layanan AI khusus yang dilatih dengan data Ansible, Ansible Lightspeed dengan watsonx Code Assistant, menggabungkan kekuatan pengalaman langsung dengan inovasi teknis untuk menyediakan rekomendasi konten yang lebih akurat, konsisten dan spesifik untuk kebutuhan bisnis.

Layanan ini juga meningkatkan cara kerja yang sudah ada sebagai perpanjangan alami dari alur kerja Red Hat Ansible Automation Platform yang sudah ada dan bersama dengan jajaran lengkap tool konten Ansible.

Ansible Lightspeed dengan watsonx Code Assistant memindai konten Ansible yang sudah ada untuk membantu menstandarisasikan dan meningkatkan kualitas melalui rekomendasinya, serta berpegang pada standar industri. Layanan ini juga membantu menjaga data pribadi melalui isolasi data, sehingga informasi penting pelanggan tetap tak terjamah dan kemungkinan kebocoran data diminimalkan.

Baca juga: Red Hat gandeng Ingram Micro distribusi layanan "open source"

Sejalan dengan nilai open source Red Hat, pengalaman Ansible Lightspeed dengan watsonx Code Assistant dibangun dengan transparansi, kolaborasi dan pilihan.

Pencocokan sumber konten menawarkan pengguna visibilitas ke sumber, penulis dan lisensi potensial yang digunakan untuk melatih data untuk rekomendasi konten, sehingga kontributor secara tepat mendapatkan pengakuan atas karya mereka, dan tim bisa semakin mempercayai konten yang dibuat dengan AI.

“AI dan otomatisasi IT telah mempercepat inovasi di seluruh industri secara drastis, namun masih sangat banyak peluang yang belum dibuka yang bisa kita capai dalam teknologi. Pratinjau teknologi Ansible Lightspeed dengan IBM watsonx Code Assistant memberikan kami sekilas informasi mengenai apa yang mungkin didapatkan saat kami mengombinasikan domain-specific AI dengan otomatisasi IT," ucap vice president, Product Management, IBM watsonx Code Assistant Keri Olson.

Red Hat Ansible Lightspeed kini tersedia secara umum dengan layanan berlangganan Ansible Automation Platform Anda, dengan IBM watsonx Code Assistant yang tersedia dengan pembelian terpisah. Penyempurnaan kemampuan untuk melatih model custom khusus bagi organisasi akan tersedia di tahun ini.

Baca juga: Red Hat APAC Innovation Awards beri penghargaan 2 perusahaan Indonesia

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023