Jalur Selatan kondisinya lebih mantap ketimbang Pantura. Oleh karena itu pemudik khususnya kendaraan pribadi memilih jalur Selatan.
Sukabumi (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan mengharapkan, perbaikan jalan atau jalur mudik khususnya jalan nasional dapat selesai tepat waktu sesuai janji Kementerian Pekerjaan Umum yaitu pada H-10 Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Perbaikan jalan oleh Kementerian Pekerjaan Umum sudah mulai dilakukan dalam beberapa hari ini seperti di daerah Priangan Timur dan beberapa lokasi lainnya di Jawa Barat ," kata Ahmad Heryawan kepada wartawan, di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Selasa.

Sementara itu ditempat terpisah Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional IV (BBPJN IV), Bambang Hartadi mengatakan Jalur Lintas Selatan Selatan Pulau Jawa (JLSS) wilayah Jawa Barat lebih baik daripada Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura).

"Jalur Selatan kondisinya lebih mantap ketimbang Pantura. Oleh karena itu pemudik khususnya kendaraan pribadi memilih jalur Selatan," kata Bambang.

JLSS wilayah Jawa Barat dimulai Bandung--Cileunyi (Kab. Bandung)--Nagreg--Malangbong (Kab.Garut)--Rajapolah (Kab. Tasikmalaya)--Ciamis--Banjar--Simpang Pangandaran (Kab. Ciamis)--Batas Jawa Tengah (Kab. Cilacap).

Bambang mengakui, pihaknya memperoleh alokasi dana APBN 2013 sebesar Rp300 miliar untuk menangani perbaikan jalan sepanjang hampir 600 kilometer. Meskipun belum seluruh pekerjaan selesai sampai H-10 Lebaran.

Akan ada kerjaan lanjutan setelah Lebaran. Seperti pekerjaan jalan Lingkar Gentong yang berada di ruas Malangbong--Rajapolah di Kabupaten Tasikmalaya akan diujicoba oleh pihak kepolisian pada H-10 Lebaran.

Jalan Lingkar Gentong ini diharapkan mengurai kemacetan yang biasa terjadi di jalan menurun dan berliku di wilayah Gentong. Lingkar Gentong dibuat lebih landai dan lebih lebar pada badan jalan ketimbang jalan lama.

Sementara Kepala Satuan Kerja Wilayah Jawa Barat I, Juliansyah mengatakan, pekerjaan baru akan rampung sekitar Oktober 2013. Termasuk Jalur Pantura Jabar yang kini progres fisiknya sekitar 80 persen.
 
Namun kami memastikan untuk menghadapi Lebaran tahun ini dipastikan fungsional seluruhnya.

"Kami tengah fokus pada Lingkar Gentong di Ruas jalan Tasikmalaya--Bandung. H-10 lingkar ini akan diuji coba oleh pihak kepolisian," tegasnya di Cirebon, Selasa.

Ia menambahkan, selain pemeliharaan rutin dan berkala juga dilakukan peningkatan struktur jalan pada Lintas Tengah dan Selatan dengan total 100 kilometer. Demikian diberitakan situs Kementerian Pekerjaan Umum (www.pu.go.id).

Ditambahkan, khusus Pantura Jabar mulai Subang--Pemanukan--Lohbener--Palimanan--Cirebon sekitar 30 km dari total panjang 658 km. Seluruh jalan setiap tahun dilakukan perbaikan. Jika tidak maka kondisinya akan menurun, seperti di ruas Paliman--Sumedang--Bandung.


Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013