Surabaya (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur (Jatim) meraih penghargaan "Anugerah ANTARA Jatim 2023" kategori program Jatim Akses Nawa Bhakti Satya bidang penguatan konektivitas jalan antardaerah.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Dishub Jatim karena dinilai mampu meningkatkan layanan transportasi dan mendukung penurunan emisi karbon kendaraan bermotor yang memanfaatkan kendaraan ramah lingkungan.

Kepala Dishub Jatim Nyono di Surabaya, Sabtu, mengatakan penghargaan yang diberikan oleh LKBN ANTARA itu sebagai bentuk dukungan sekaligus motivasi bagi institusinya untuk bekerja lebih giat di masa-masa yang akan datang.

"Terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan kepada kami. Dukungan dalam bentuk apresiasi ini sungguh luar biasa," katanya.

"Anugerah ANTARA Jatim 2023" yang digelar di Dyandra Convention Center Surabaya, Jumat (15/12) itu, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-86 Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA.

Baca juga: Inovasi pangan bawa Bupati Jember raih penghargaan dari LKBN ANTARA

Nyono menjelaskan, Dishub Jatim juga terus meningkatkan layanan dan sistem transportasi secara terakumulasi, terintegrasi di Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan (Gerbangkertasusila). Harapannya dengan TransJatim integrasi masyarakat bisa lebih sejahtera, karena akses transportasi lebih mudah.

Selain itu, konektivitas arus barang jasa ke sejumlah kepulauan yang ada di wilayah Jawa Timur juga menjadi perhatian Dishub Jatim, seperti akses transportasi laut menuju kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep.

"Yang terbaru dan baru saja diresmikan langsung oleh Gubernur Jatim belum lama ini adalah Dermaga Pelabuhan Dungkek dan Dermaga Pelabuhan Gili Iyang," kata Nyono.

Keseriusan Pemprov melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim dalam memperluas dan memperbaiki akses transportasi di Jawa Timur ini juga mampu menarik minat perusahaan asal Inggris untuk berinvestasi di Jatim pada sektor transportasi publik.

Buktinya, pada temu bisnis dan investasi yang digelar Pemprov Jatim yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London pada Agustus 2023 tercatat ada 7 perusahaan yang mengajukan Letter of Intent (LOI) tentang minat proyek investasi sektor transportasi publik dan pengolahan sampah menjadi energi panas atau listrik (Waste to Energy).

Baca juga: Dishub Jatim antisipasi tujuh titik rawan di jalan tol

"Sebagaimana pernah disampaikan gubernur, bahwa hal tersebut berarti investasi di sektor transportasi umum di Jawa Timur menjadi magnet bagi para Investor dari Inggris. Terutama setelah beroperasinya TransJatim yang menghubungkan sekaligus mengkoneksikan banyak daerah dalam satu layanan," kata Nyono.

Kepala LKBN ANTARA Biro Jatim Rachmat Hidayat mengatakan penghargaan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) berprestasi itu sebagai bentuk dukungan agar ke depan menjadi semakin baik.

"Penilaian atas peraih penghargaan ini sudah lama kami lakukan, melalui pemberitaan, serta hasil survei langsung oleh tim ANTARA Jatim," katanya.

Sementara itu, Dishub Jatim merupakan salah satu OPD yang menerima penghargaan pada acara "Anugerah ANTARA Jatim 2023" kali ini, termasuk beberapa kepala daerah, dan beberapa lembaga lain, serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur meraih penghargaan dalam kategori "Tokoh Pelopor dan Penggerak Nawa Bhakti Satya" sehingga layak menyandang gelar "Lifetime Achievement".

Kemudian ada empat nama kepala daerah, yakni Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dengan kategori "Kepala Daerah Akselerator Pengentasan Stunting di Jawa Timur", Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dengan kategori "Kepala Daerah Inovator Peningkatan dan Pengembangan Potensi Wisata di Jawa Timur".

Baca juga: Gubernur Khofifah hadiahi pantun untuk HUT ke-86 ANTARA

Berikutnya adalah Bupati Jember Hendy Siswanto dengan kategori "Kepala Daerah Inovator Peningkatan Ketersediaan Pangan di Jawa Timur", dan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dengan kategori "Kepala Daerah Penggerak Keterbukaan Informasi dan Digitalisasi di Jawa Timur,". Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023