Saya tetap saja beli walaupun naik, kalau tidak ada kue saat Lebaran rasanya ada yang kurang
Jakarta (ANTARA News) - Para pedagang kue kering mengaku dapat meraih omset 50 persen lebih besar dari hari biasa dengan banyaknya warga Jakarta memburu kue kering untuk kebutuhan Lebaran mulai pertengahan bulan Ramadhan.

"Menjelang Lebaran seperti ini omset bisa naik hingga 50 persen, pembeli juga semakin ramai. Terutama pada H-7 sampai H-3 pembeli akan semakin ramai lagi untuk berburu kue-kue kering atau makanan ringan," ujar penjual kue kering di Pasar Bendungan Hilir, Qonita kepada Antara di Jakarta,Jumat.

Harga setiap jenis kuenya beragam mulai dari Rp20.000 hingga Rp110.000/kg tergantung dari jenisnya. Selain melonjaknya harga bahan pokok, harga kue kering juga ikut mengalami kenaikan sebesar Rp4.000 hingga Rp10.000/kg.

"Dari distributornya semuanya sudah naik, saya penjual harus naikin harga juga, kalau tidak bisa merugi. Tetapi pembeli rata-rata tidak berkeberatan harganya naik karena rata-rata butuh juga. Kalau yang saya jual naik Rp4.000 hingga Rp10.000," kata Qonita.

Namun, pelanggan tidak keberatan dengan harga kue kering yang naik karena kue dinilai merupakan kebutuhan wajib saat Lebaran tiba.

"Saya tetap saja beli walaupun naik, kalau tidak ada kue saat Lebaran rasanya ada yang kurang. Apalagi kalau banyak saudara yang berkunjung harus ada hidangan ringan," ujar Frida, seorang ibu rumah tangga.

Kue kering juga setiap tahunnya memiliki tren tersendiri yang banyak diminati oleh pembeli. Kue yang muncul tahun ini antara lain lontong paris, cendol keju dan biskuit tiga rasa. Harga yang dipatok cukup mahal yaitu Rp110.000/kg.

Kue kering seperti nastar, kue keju, kue sagu, lidah kucing, dan sumpia masih menjadi incaran para pembeli menjelang hari raya. Semua kue tersebut juga mengalami kenaikan harga menjadi rata-rata Rp110.000/kg yang sebelumnya dijual dengan harga Rp100.000/kg.

"Saya tetap membeli nastar dan sumpia setiap tahunnya karena keluarga banyak yang suka. Semua harga naik maka saya mengurangi jumlah pembelian kuenya, tapi jenisnya diperbanyak," ujar Susan, seorang karyawan swasta.

Pewarta: Arnaz.F
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013