Jakarta (ANTARA News) - Seluruh pekerjaan perbaikan jalan telah dihentikan pengerjaannya dan  jalur mudik di Indonesia telah siap dilalui para pemudik selama libur Lebaran 2013.

"Para kontraktor tidak lagi melakukan pekerjaan dan seluruh alat berat serta material pekerjaan telah kami minta untuk disingkirkan. Agar tidak mengganggu kenyamanan pemudik," kata Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, di Kementerian Pekerjaan Umum Jakarta, Jumat.

Untuk pekerjaan yang belum selesai, Djoko menginstruksikan, agar pekerjaan dilanjutkan pada H+10 Lebaran nanti.

"Jalur Lebaran sudah bisa dilewati dan mulai hari ini sudah bisa digunakan secara penuh," tambahnya.

Ia juga menginstruksikan, bagi pengerjaan pembetonan jalan yang belum selesai, agar jalan tersebut diberikan lapisan terlebih dahulu. Demikian diberitakan situs Ditjen Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum.

Untuk jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) sudah siap dan Direktur Jenderal Bina Marga, Djoko Murjanto, sudah memeriksa kesiapan jalur Pantura dari Jakarta sampai ke Semarang.

Beberapa infrastruktur pengurai kemacetan telah siap digunakan, seperti jalan layang Kali Banteng di Semarang, jembatan layang Jombor di DIY, jembatan Kelok-9 di Sumatera Barat, Lingkar Gentong di Kabupaten Tasikmalaya.

Kementerian PU akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah dan Kepolisian untuk memantau kondisi jalan.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013