Ternate (ANTARA) - Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mendapatkan Anugerah Prakarsa Insklusi (API) dari Komisi Nasional (Komnas) Disabilitas, karena dinilai melibatkan para penyandang disabilitas untuk membangun kota tersebut.

"Ada tiga indikator yang kami lihat, sehingga Kota Ternate dinilai layak mendapatkan penghargaan itu," kata Ketua Komnas Disabilitas, Dante Rigmalia di Ternate, Ahad.

Penghargaan API dari Komnas Disabilitas kepada Pemerintah Kota Ternate, yang diterima langsung oleh Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Dia mengatakan, pihaknya melihat ada upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak - hak penyandang disabilitas dari Pemerintah Kota Ternate, sehingga alasan ini yang menjadikan Kota Ternate terpilih sebagai penerima API dari Komnas Disabilitas.

"Pertama dari sisi kebijakan ada banyak regulasi dari Pemerintah Kota Ternate yang memberikan dukungan kepada para penyandang disabilitas," ujarnya.

Kedua, kata Ketua Komnas Disabilitas itu, dari sisi proses pihaknya juga melihat bagaimana para penyandang disabilitas di daerah ini dilibatkan dalam proses pembangunan di dalam Pemerintahan Kota Ternate

"Sedangkan, ketiga dari sisi para penyandang disabilitas mengalami perkembangan dari berbagai aspek yang didukung Pemkot setempat, sehingga ini ah yang menjadi alasan kami memberikan penghargaan kepada Kota Ternate," kata Dante Rigmalia.

Baca juga: KND ajak tokoh adat dukung pemenuhan hak penyandang disabilitas 

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman menyatakan apresiasi atas penghargaan yang didapatkan dari Komnas Disabilitas, karena menjadikan Kota Ternate satu - satunya kota di wilayah Indonesia Timur yang meraih penghargaan tersebut.

"Menyiapkan regulasi - regulasi terkait dengan kehidupan para penyandang disabilitas di Kota Ternate, jadi itu lah sebenarnya yang mungkin menjadi barometer, sehingga Ternate mendapatkan Anugerah Prakarsa Inskluasi dari Komnas Disabilitas," ungkap Wali Kota.

Oleh karena itu, kata Tauhid, Pemkot Ternate berkomitmen akan mendorong para penyandang disabilitas di daerah ini, untuk melakukan inovasi, agar mereka terus berkembang dengan harapan bisa membangun Kota Ternate lebih maju.

Baca juga: Kementerian Investasi fasilitasi penerbitan NIB disabilitas

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023