Jakarta (ANTARA) -
Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid mengapresiasi program Extravaganjar (XVG) Talents sebagai upaya melahirkan talenta baru industri kreatif di Indonesia dengan mengangkat kearifan budaya lokal.

"Ajang ini menjadi momentum agar kearifan budaya lokal terus diangkat," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan industri kreatif merupakan salah satu fokus program calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Ganjar ingin memastikan industri kreatif Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan bahkan bisa mengeksplorasi supaya bisa dilihat oleh dunia.

"Saya mewakili Pak Ganjar dan Pak Mahfud, mendukung bagaimana industri kreatif menjadi bagian utama untuk program ke depan," ujarnya.

Dia pun meyakini jika akan muncul talenta berbakat, dari berbagai penjuru tanah air yang unjuk kebolehan pada ajang itu. Kehadiran mereka sebagai bukti bahwa musisi lokal dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bahkan dapat bersaing pula di kancah internasional.

"Kualitas sumber daya manusia yang baik dari sektor musik, tentu akan berjalan beriringan dengan meningkatnya kualitas industrinya," katanya.

Hal itu disampaikan Arsjad saat menyaksikan penampilan para telenta program Extravaganjar (XVG) Talents di Rumah Kita XVG, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12) malam.

Dia pun turut menyaksikan penampilan para finalis sekaligus memberikan hadiah dan piala kepada sang juara. Dia memuji bakat dari para peserta yang semakin meningkatkan semangat untuk terus memajukan industri musik Indonesia yang menjadi bagian dari industri kreatif.

"Ini adalah perjuangan kita bersama, gotong royong perlu kita lakukan bersama untuk memastikan Indonesia bisa lebih maju," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Raiden Soedjono mengatakan ajang ini bertujuan memperkenalkan kampanye menyenangkan, kampanye dengan lomba kompetisi.

"Lomba cover lagu dan juga cipta lagu, semuanya bertemakan untuk Ganjar-Mahfud. Ini animonya tinggi kita mendapatkan lebih dari 200 peserta yang harus kita akurasi," ungkapnya.

Adapun pemenang pertama pada grup band yakni Solasee Band, pemenang pertama penyanyi solo atas nama Mala, dan pemenang pertama cipta lagu yakni Dendi Aditya. Final XVG dihadiri oleh sejumlah musisi, di antaranya Ruth Sahanaya, Once Mekel, Ipank Lazuardi, dan Andre Hehanusa, Lita Zein.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023