Surakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyebut lebih dari 100 ribu orang akan menghadiri kampanye akbar "Hajatan Rakyat" pasangan calon nomor urut 3 tersebut di Benteng Vastenburg, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (10/2).

"Pada acara kampanye terakhir pasangan calon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud dengan tema "Hajatan Rakyat", akan dihadiri sebanyak 100.000 orang lebih, dengan diawali kirab budaya mulai Ngarsapura atau depan Mangkunegaran menuju Benteng Vastenburg Surakarta," kata Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (7/2).

Arsjad menjelaskan TPN Ganjar Mahfud memilih Kota Surakarta dan Kota Semarang sebagai lokasi kampanye puncak Pilpres 2024 pada Sabtu.

Kedua kota tersebut merupakan simbol estafet kekuasaan dari tangan Presiden Joko Widodo di Surakarta kepada Ganjar Pranowo di Semarang. Jokowi pernah menjabat sebagai wali kota Surakarta, sedangkan Ganjar pernah sebagai gubernur Jawa Tengah.

Baca juga: Relawan Ganjar-Mahfud sediakan tebus murah sembako guna raup suara

Selain itu, lanjut Arsjad, memilih Kota Surakarta sebagai tempat kampanye terbuka ialah karena daerah itu merupakan salah satu pusat kebudayaan di Indonesia.

Dari Kota Surakarta, katanya, masyarakat bisa belajar bahwa budaya dapat menggerakkan massa, termasuk soal perubahan-perubahan yang sifatnya baik bagi negara Indonesia.

Arsjad menjelaskan Ganjar dan Mahfud akan membuat sejarah baru di Kota Surakarta, sebagai simbol melanjutkan apa yang sudah ada menuju ke Kota Semarang.

"Pak Jokowi rumahnya di Surakarta. Kalau Pak Ganjar itu (rumahnya) di Semarang. Jadi, simbolis dari Surakarta ke Semarang," ujarnya.

Pada acara kampanye puncak di Kota Surakarta, Arsjad mengatakan selain dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan pasangan calon Ganjar-Mahfud juga akan dimeriahkan oleh sejumlah artis, di antaranya, NDX AKA, Nala Agatha, Lala Widi, Lady Rara, serta anak aktivis 98 Wiji Tukul yakni Fitri Nganthi Wani.

Baca juga: Di Klaten, Ganjar berpesan gunakan hak pilih tanpa takut ditekan

Sementara itu, ketua panitia kampanye Hajatan Rakyat di Kota Surakarta Her Suprabu mengatakan pada acara kampanye terbuka terakhir Ganjar-Mahfud tersebut akan ada dua kegiatan, yakni pawai 21 gerobak sapi dari Ngarsapura menuju Benteng Vastenburg serta acara kampanye di benteng tersebut.

Menurut Her, kampanye terbuka di Kota Surakarta akan diawali kirab dari Ngarsapura menuju Benteng Vastenburg dan diperkirakan selesai pukul 10.00 WIB. Selanjutnya, Ganjar dan Mahfud menuju ke Semarang untuk melanjutkan kampanye terbuka di sana.

Panitia menargetkan lebih dari 100.000 orang akan hadir, yang merupakan kader, simpatisan, dan masyarakat umum, pada kampanye di Benteng Vastenburg.

Panitia tidak dapat membatasi masyarakat dari Solo Raya yang akan hadir, karena acara Hajatan Rakyat itu betul-betul merupakan pesta untuk rakyat.

Baca juga: Mahfud tegaskan bansos hak rakyat, bukan kedermawanan pemerintah

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024