“Hal ini menggambarkan bahwa sejatinya pilpres (pemilihan presiden) sebagai pesta demokrasi itu bisa dinikmati oleh rakyat, sebagai pesta rakyat yang sesungguhnya,”
Surakarta (ANTARA) - Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid mengatakan Hajatan Rakyat pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Surakarta adalah tentang rakyat.

Menurutnya, seluruh penyelenggaraannya melibatkan rakyat, mulai dari hiburan, kirab, sampai ke pelaku UMKM turut serta sehingga menyajikan atmosfer yang sangat merakyat.”

“Hal ini menggambarkan bahwa sejatinya pilpres (pemilihan presiden) sebagai pesta demokrasi itu bisa dinikmati oleh rakyat, sebagai pesta rakyat yang sesungguhnya,” kata Arsjad dalam keterangannya di Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu.

Ganjar dan Mahfud mengikuti kirab menggunakan gerobak sapi yang menyinggahi beberapa titik untuk mengapresiasi pementasan dan hantaran dari rakyat.

Di titik kedua yang disinggahi, Ganjar terlihat memberikan jeruk kepada pemain barongsai sebagai ucapan selamat tahun baru. Dalam rangka merawat kebinekaan pada tahun baru Imlek, barongsai dan liong turut mengiring Ganjar-Mahfud menjadi pemimpin.

Sementara itu, Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Zainuddin Abdul Majid atau Tuan Guru Bajang mengatakan pasangan Ganjar-Mahfud begitu inklusif, sehingga bisa diterima oleh masyarakat indonesia.

"Ini otentisitas yang penting dimiliki pemimpin. Keduanya tidak berbatas dengan rakyat dan diterima oleh siapapun," ujar Tuan Guru Bajang.

Selain itu, pementasan Reog baik dari Ponorogo, Boyolali, maupun Tawamangu juga tidak kalah semaraknya. Ketua Umum Reog Surakarta Hadiningrat, Agung Setyono yang ikut tampil bangga sebagai masyarakat Surakarta bisa mengiring Ganjar-Mahfud menuju kemenangan.

“Kami percaya bahwa kebaikan dan berbudi pekerti ada pada Ganjar-Mahfud. Mereka sosok yang pantas dan saling melengkapi sebagai penerus Indonesia,” ucap Agung.

Bagian penting dari rangkaian pementasan ini adalah drama tari Wayang Orang ‘Durga Mendhak, Sang Kala Sirna’.

Drama tari yang berarti ‘tunduknya kejahatan, musnahnya angkara murka’ ini bercerita tentang nafsu kuasa yang menghalalkan segala cara. Lalu, pribadi penuh serakah yang merasa dirinya paling berhak berkuasa.

Cerita tentang Dewasrani, putra penguasa negeri para dewa yang berambisi menguasai dunia dengan segala daya upaya ini, dihadang dan digagalkan seorang kesatria utusan kebenaran, Wisanggeni.

Melalui peperangan hebat, Wisanggeni mengalahkan Deswarani dengan dibantu Semar yang melambangkan kekuatan rakyat.

Koordinator pementasan wayang orang, Esha menuturkan Wisanggeni adalah sosok kesatria pemberani, tegas, dan suka menolong kesulitan rakyat yang mencerminkan sosok Ganjar Pranowo.

"Dan tokoh sakti mandraguna yang mewakili sosok rakyat, penasihat kesatria yang sederhana, jujur, dan bijaksana yang mencerminkan sosok Prof Mahfud Md," imbuh Esha.

Sepanjang jalan, nampak rakyat memberikan hantaran kepada Ganjar dan Mahfud. Di depan Kantor Pos Indonesia, misalnya, rakyat memberikan Ganjar Pranowo toga yang melambangkan harapan rakyat akan pendidikan yang berkualitas bagi semua melalui program Satu Keluarga Miskin, Satu Sarjana.

Sementara itu, di depan lembaga pemasyarakatan (rumah tahanan) Mahfud MD diberikan perangkap tikus yang melambangkan harapan rakyat akan pemerintahan yang bersih melalui program Sikat KKN.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024