Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa kampanye akbar akan dilakukan dengan pendekatan kerakyatan, menampilkan kegembiraan politik, serta puncak komitmen yang akan dibawa pasangan calon nomor urut 3.

"Rapat tadi, jadi itu adalah rapat konsolidasi untuk menyiapkan mulai tanggal 21 (Januari) onward sampai dengan tanggal 10 Februari," kata Arsjad usai rapat tertutup di Gedung High End, Jakarta, Rabu.

Rapat itu sekaligus mengonsolidasikan kegiatan pasangan Ganjar-Mahfud bersama TPN dalam kampanye akbar Pilpres 2024 yang dimulai pada 21 Januari 2024.

Arsjad tidak menampik bahwa dalam rapat itu juga telah disepakati kota atau wilayah yang akan dihadiri pasangan Ganjar-Mahfud. Wilayah-wilayah itu nantinya akan disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kita akan mulai tanggal 21 (Januari) ini dua fokus utama. Satu di Kota Bandung dan satu lagi di Sidoarjo, itu untuk tanggal 21 ini untuk memulai," ujarnya.

Baca juga: TPN fokus di 12-14 daerah saat kampanye terbuka
Baca juga: Ganjar bakar semangat pendukung jelang kampanye terbuka


Sementara itu, anggota KPU RI August Mellaz mengatakan lembaganya telah menetapkan tiga zonasi yang menjadi tempat kampanye masing-masing pasangan capres-cawapres.

Ia menyebut masing-masing pasangan capres-cawapres akan mengisi kampanye di zona yang sudah ditetapkan secara bergantian. Sedangkan kampanye rapat umum partai politik akan disesuaikan tempatnya dengan pasangan capres-cawapres yang diusung.

"Kita mengikuti polanya, kan ada 38 provinsi. Sebanyak 38 provinsi dibagi secara proporsional berdasarkan basis, misalnya, WIB (waktu Indonesia barat), WIT (waktu Indonesia timur), WITA (waktu Indonesia tengah). Jadi, nanti akan ada, kalau dalam konteks pembagian zona, tentu saja setiap pasangan calon itu pasti akan berkampanye juga di zona yang masing-masing," katanya di Jakarta, Minggu (14/1).

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: KPU tetapkan kampanye rapat umum dibagi menjadi tiga zona
Baca juga: TKN ungkap strategi kampanye saat periode rapat umum Pilpres 2024

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024