gaya kepemimpinan almarhum Kuntoro yang selalu menerapkan nilai-nilai keadilan sehingga dapat menyelesaikan proses rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah Aceh-Nias dengan tepat waktu pada 2009.
Jakarta (ANTARA) - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode 2014-2016 Sudirman Said mengenang almarhum Kuntoro Mangkusubroto sebagai sosok yang terus memperjuangkan idealisme dan keadilan hingga akhir masa hidupnya.

“Saya kira hari ini adalah suasana simbolik karena seseorang yang terus berjuang untuk idealisme dan etika telah berpulang. Bangsa ini kehilangan satu teladan,” kata Sudirman Said saat ditemui usai acara pemakaman almarhum Kuntoro Mangkusubroto di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu.

Sudirman Said mengatakan bahwa ia mengenal almarhum tak hanya sebagai Menteri Pertambangan dan Energi periode 1998-1999 yang baik, melainkan sebagai sebagai guru yang telah mengajari etika dan penerapan tata kelola pemerintahan yang adil.

Sebagai Mantan Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, menurut Sudirman Said, Kuntoro merupakan salah satu tokoh yang memimpin proses rekonstruksi Serambi Mekkah itu dengan sukses sekaligus efektif.

“BRR itu kan suatu tugas kolosal ya, suatu pekerjaan monumental yang tidak saja tingkat kerusakannya cukup parah. Tapi juga keterbatasan resources dan suasana waktu itu masih konflik kan,” tuturnya.

Selain itu Sudirman Said bercerita bahwa pada saat ia menjabat sebagai deputi, dirinya terkesan dengan gaya kepemimpinan almarhum Kuntoro yang selalu menerapkan nilai-nilai keadilan sehingga dapat menyelesaikan proses rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah Aceh-Nias dengan tepat waktu pada 2009.

“Itu yang menyebabkan rekonsruksi tak hanya selesai tepat waktu, tapi BRR juga dikenal sebagai lembaga yang bersih dan bebas dari segala macam praktik korupsi,” jelasnya.

Adapun upacara pemakaman Menteri Pertambangan dan Energi periode 1998-1999 Kuntoro Mangkusubroto dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Proses pemakaman dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Saya Pratikno Mensesneg RI atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional RI dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum Kuntoro Mangkusubroto," kata Pratikno.

Baca juga: Mantan Menteri Pertambangan Kuntoro Mangkusubroto meninggal
Baca juga: Obituari Kuntoro Mangkusubroto: Pak Kun dalam kenangan


Jenazah tiba di pintu masuk TMP Kalibata sekitar pukul 12.39 WIB diantar menggunakan mobil jenazah Komando Garnisun Tetap Jakarta beserta sejumlah prajurit TNI.

​​​​​​Sebelumnya, jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka kawasan Pancoran, Jakarta Selatan dan disalatkan di Masjid Jami At-Taubah dekat rumah duka.

Sosok yang juga Mantan Direktur Utama PT PLN Persero periode 2000-2001 itu meninggal dunia sekitar pukul 01.03 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta karena sakit.

Almarhum Kuntoro merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Stanford University, Amerika Serikat.

Ia pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pelaksana - Badan Rehabilitasi Rekonstruksi Aceh-Nias yang bertugas melakukan pemulihan kawasan Aceh dan Nias pascatsunami 26 Desember 2004.

Kemudian ditunjuk sebagai Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) pada Kabinet Indonesia Bersatu II di 2009.

Turut hadir dalam upacara pemakaman tersebut keluarga besar beserta mantan Menteri ESDM periode 2016--2019 Ignasius Jonan, Menteri ESDM periode 2014-2016 Sudirman Said, Wakil Presiden RI periode 2009-2014 Boediono, dan para kolega lainnya.

Baca juga: Mensesneg: Kuntoro Mangkusubroto akademisi dan praktisi luar biasa
Baca juga: Mensesneg pimpin prosesi pemakaman jenazah Kuntoro di TMP Kalibata

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023