Kami dengan format debat apa pun oke-oke saja, enggak cerewetlah kami.
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menyatakan bahwa Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka siap untuk menghadapi debat kedua Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Mas Gibran sudah siap (debat kedua pilpres), sejak debat pertama pun sudah siap," kata dia saat ditemui usai menghadiri dalam acara Deklarasi Relawan Nderek Guru untuk Prabowo-Gibran di Kantor Sekretariat DPP Nderek Guru, Jakarta, Minggu.

Selain itu, dia juga menegaskan bahwa TKN Prabowo-Gibran akan selalu mengikuti format debat pilpres yang ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Kami dengan format debat apa pun oke-oke saja, enggak cerewetlah kami," ujar Nusron.

Menurut dia, debat pilpres merupakan sarana untuk mengomunikasikan visi dan misi serta program kerja dari paslon kepada masyarakat luas yang akan dilaksanakan apabila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden.

Debat kedua Pilpres 2024 merupakan debat yang mempertemukan antar-cawapres. Tema debat kedua adalah mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat kedua dijadwalkan pada hari Jumat (22/12). Akan tetapi, lokasinya belum diumumkan oleh KPU RI.

Sebelumnya, Selasa (12/12), Gibran hadir mendampingi Capres RI Prabowo Subianto dalam debat pertama Pilpres 2024 yang mempertemukan antarcapres di KPU RI.

Gibran bersama Prabowo berangkat bersama-sama dengan menggunakan kendaraan yang sama dari kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara 4, Jakarta, menuju Kantor KPU RI.

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca juga: Ganjar siap hadapi berbagai format debat Pilpres 2024
Baca juga: Timnas AMIN tak permasalahkan debat gunakan format "town hall meeting"
Baca juga: Gerindra pastikan Gibran akan beri kejutan pada debat cawapres


Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023.

Sementara itu, debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada tanggal 7 dan 21 Januari 2024. Debat terakhir dijadwalkan pada tanggal 4 Februari 2024.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan calon presiden dan wakil presiden harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Berbeda dengan tema debat pertama dan kedua, tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

KPU RI telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024. Mereka adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023