Jakarta (ANTARA) - Pembalap sepeda Tadej Pogacar dilaporkan akan membalap di Giro d’Italia untuk kali pertama dalam kariernya pada 2024.

Dikutip dari AFP, Senin, juara dua kali Tour de France itu membagikan pengumuman tersebut melalui laman media sosial resmi Giro d’Italia. Dalam video singkat, Pogacar terlihat mendarat di Bandara Linate Milan dan berkata, “Ayo kita pergi!”, menandakan keikutsertaannya di tur balap sepeda tersebut.

Pembalap sepeda dari tim UAE Emirates tersebut berharap dapat melengkapi koleksi Grand Tour setelah sebelumnya pernah berkompetisi di Vuelta a Espana 2019 dan finis ketiga.

Selain itu, Pogacar juga sempat menyatakan keinginannya untuk mengikuti balapan yang akan berlangsung pada 4-26 Mei 2024 tersebut, meski dianggap terlalu dekat dengan target musim utamanya di Tour de France (29 Juni-21 Juli 2024).

Namun, ia mengaku tetap berambisi untuk meraih gelar ganda Giro-Tour yang belum pernah diraih sejak kemenangan Marco Pantani pada 1998.

Baca juga: Jonas Vingegaard menangi gelar Tour de France kedua secara beruntun

Pembalap sepeda berusia 25 tahun itu dinilai mampu menambah jumlah koleksi gelarnya, mengingat ia merupakan satu dari tiga orang yang memenangkan Il Lombardia tiga tahun berturut-turut, mengklaim juara Strade Bianche tahun lalu, dan balapan etape Tirreno-Adriatico pada 2021 dan 2022.

Tahun depan, ia akan melakukan debut musim di Portugal di Figueira Champions Classic (10 Februari) dan Volta ao Algarve (14-18 Februari).

Sementara itu, Giro d’Italia akan dimulai pada 4 Mei 2024 di sekitar Turin, dilanjutkan dengan tur di Piedmont, Napoli, menyeberang Laut Adriatik, menanjaki Pegunungan Alpen, dan finis di Roma pada 26 Mei.

Sedangkan Tour de France tahun depan akan dimulai di Florence sebulan kemudian, tepat sebelum Olimpiade 2024 Paris dimulai pada 26 Juli.

Baca juga: Vingegaard dekati gelar Tour de France setelah libas Pogacar lagi
Baca juga: Rodriguez menangi etape 14 saat Vingegaard dan Pogacar berduel sengit


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023