Jakarta (ANTARA) - Kampanye untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memasuki hari ke-20 pada Minggu (17/12). Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden berikut tim sukses dan pemenangan, terus bertemu masyarakat di Indonesia untuk mendulang suara saat Pemilu pada 14 Februari 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Pasangan Anies-Muhaimin

Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) melanjutkan agenda menyapa masyarakat pada hari ke-20 kampanye Pilpres 2024.

Anies berada di Provinsi Aceh untuk menghadiri Haul Akbar dan Maulid Habib Muhammad di Masjid Ba’alawi, nongkrong bareng pemuda dan UMKM Kota Langsa dan menemui petani kelapa sawit Aceh Tamiang.

Di Aceh, Anies berjanji untuk membawa provinsi itu untuk keluar dari kemiskinan dan mengembalikannya seperti pada masa keemasan. Menurut dia, provinsi yang berada di ujung barat Indonesia itu, saat ini masih dinobatkan sebagai provinsi termiskin di Pulau Sumatera. Padahal, Aceh memiliki sejarah yang amat panjang dalam hal kontribusi untuk bangsa, mulai dalam konteks kemerdekaan hingga kekayaan alam yang berlimpah.

"Karena kita menyakini keadaan sekarang bisa jauh lebih baik. Aceh harus kembali jaya seperti dahulu," katanya.

Saat kampanye Anies di Aceh, iring-iringan mobil Anies Baswedan dikabarkan mengalami kecelakaan. Jubir Timnas AMIN Indra Charismiadji memastikan Anies dalam kondisi yang baik-baik saja. Anies melanjutkan perjalanan hingga selamat sampai tujuan usai adanya insiden tersebut.

Sementara itu, calon wakil presiden Muhaimin Iskandar tidak melaksanakan kampanye, karena Cak Imin baru balik ke Indonesia setelah melaksanakan ibadah umrah.

Pasangan Prabowo-Gibran

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumi Raka berkampanye di Jawa Timur dan Kalimantan Barat.

Prabowo memulai kampanye dengan berziarah ke Makam Presiden Ke-1 RI Soekarno di Blitar. Dia turut didampingi Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan putra mendiang Rachmawati Soekarnoputri, Mohammad Mahardhika Suprapto (Didi). Hadir pula Emil Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur yang saat ini bertugas sebagai Juru Bicara Gibran Rakabuming Raka.

"Beliau Proklamator. Beliau pejuang, pahlawan, jadi kita hormati pahlawan-pahlawan kita," kata Prabowo.

Prabowo juga menghadiri deklarasi dukungan dari pengurus dan anggota Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial (Gema PS) di Blitar. Dia menegaskan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang saat ini mengusung dirinya bersama Gibran, jika diibaratkan sebagai klub sepak bola, mereka “klubnya Pak Joko Widodo”.

Sementara itu, cawapres Gibran Rakabuming Raka berkampanye di Singkawang dan Pontianak, Kalimantan Barat. Gibran mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan awal dari pembangunan yang merata di Indonesia. Dia mengklaim jika IKN benar-benar diberdayakan, ini akan secara otomatis memperluas dampaknya ke wilayah Indonesia Timur dan lainnya.

Pasangan Ganjar-Mahfud

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berkampanye berkampanye di Provinsi Jogyakarta, Jawa Tengah dan Sumatera Barat.

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengikuti prosesi kirab budaya Nitilaku 2023 dan KAGAMA Ngobrol Santai di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dia lalu melanjutkan kampanye dengan mengunjungi Pondok Pesantren Darussalam Timur, Magelang. Ganjar menitipkan pesan kepada para ibu di Magelang agar tidak mendesak anak perempuannya untuk segera menikah pada usia sekolah.

Selanjutnya, Ganjar berziarah ke makam ulama ahli pertanian sekaligus pendiri pesantren K.H. R. Ma'shum saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ma'shum, Kabupaten Magelang. Kata dia, Ma'shum merupakan ulama karismatik karena memiliki sejarah perjuangan di tengah masyarakat. Sementara itu, saat berdialog dengan petani di Desa Sumberarum, Magelang, Ganjar berjanji siap menambah kuota pupuk buat petani di seluruh Indonesia bila terpilih sebagai presiden pada Pemilu 2024.

Ganjar mengingatkan Tim Pemenangan Daerah (TPD), Tim Pemenangan Cabang (TPC), calon anggota legislatif (caleg) dan relawan se-Magelang, untuk menjaga suara di Jawa Tengah agar tak diambil pihak lain saat pencoblosan Pilpres 2024. Menurut dia, Jawa Tengah perlu dijaga, karena provinsi itu merupakan kandang banteng atau penghasil suara terbesar bagi PDI Perjuangan di pemilu.

Adapun cawapres Mahfud Md menjadi pembicara dalam orasi ilmiah di Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Sumatera Barat. Dia berjanji dirinya bersama Ganjar Pranowo akan sangat memperhatikan suara mahasiswa jika terpilih nanti. Mahfud berharap agar mahasiswa terus berjuang menegakkan kebenaran, melindungi Hak Asasi Manusia (HAM), ikut mengawal penegakan hukum, dan mengawasi jalannya pemerintahan.

Selanjutnya, Mahfud menghadiri acara Halakah Kebangsaan dan Pelantikan Majelis Dzikir Al Wasilah di Kota Padang. Dia berpendapat, banyak ibu yang melahirkan tokoh besar pemikir dan pejuang bangsa di Sumbar. Dia juga berpesan agar para ibu hendaknya rajin menanamkan ajaran agama dengan baik pada anak-anaknya.

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023