Saya mengucapkan selamat kepada PT Sumber Daya Energi (SDE) atas pelaksanaan peresmian kegiatan produksi pertama tambang batu bara bawah tanah,
Kotabaru, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Plt Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Suswantono meresmikan produksi perdana tambang batu bara bawah tanah berskala besar pertama di Indonesia.
 
“Saya mengucapkan selamat kepada PT Sumber Daya Energi (SDE) atas pelaksanaan peresmian kegiatan produksi pertama tambang batu bara bawah tanah,” ujar Bambang dalam peresmian tambang batu bara bawah tanah pertama di Indonesia  di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin.
 
Tambang yang berlokasi di Kotabaru ini merupakan tambang milik PT Sumber Daya Energi yang terafiliasi dengan PT Qinfa dengan luas area 185 kilometer persegi.

Baca juga: Kementerian ESDM: Produk hilirisasi batu bara perlu dioptimalkan
 
Lokasi tambang batu bara bawah tanah ini didesain untuk memproduksi batu bara secara maksimal sebanyak 20 juta ton per tahun (tambang batu bara tahap 1 SDE-1 dan tahap 2 SDE-2). 
 
Bambang berharap kehadiran tambang batu bara bawah tanah modern ini dapat memberikan kontribusi lebih terhadap penerimaan negara serta menjadi contoh industri pertambangan batu bara dalam negeri, serta mampu membuat iklim investasi di sektor pertambangan batu bara bawah tanah menjadi lebih ramah lingkungan.
 
Dalam sambutannya, ia juga mengingatkan bahwa perusahaan wajib menerapkan kaidah pertambangan yang baik da benar serta pemenuhan atas kewajiban penerimaan negara serta reklamasi pascatambang.
 
“Juga wajib melaksanakan transfer teknologi dan transfer keahlian ari tenaga kerja asing (TKA) kepada tenaga kerja Indonesia (TKI),” ujarnya.
 
Ia juga menuturkan, perusahaan itu wajib melaksanakan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sekitar tambang sehingga dampak positif jangka panjang keberadaan industri dapat terdistribusi.

Baca juga: Adaro proyeksikan produksi batu bara thermal akan flat di 2024

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Qinfa Group Xu Da mengapresiasi dukungan dari Kementerian ESDM dalam memfasilitasi operasi tambang komersial SDE-1.

"Kami memperkenalkan perubahan paradigma salam sektor pertambangan di Indonesia dengan mengoperasikan tambang batu bara bawah tanah dengan teknologi terkini," ujarnya.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023