Quetta, Pakistan (ANTARA News) - Kelompok bersenjata menyerang pos penjaga pantai di barat daya Pakistan pada Sabtu menyebabkan tujuh petugas terbunuh dan melukai tujuh orang lain, kata petugas.

Peristiwa itu terjadi di wilayah Sunstar di distrik Gwadar, yang berjarak 1.420 km di barat daya Quetta, ibu kota Provinsi Baluchistan yang kaya minyak dan berbatasan dengan Iran dan Afghanistan.

"Sekitar 24 pria bersenjata dengan roket dan senjata berat lainnya menyerang pos pemeriksaan dan membunuh tujuh orang petugas," kata pejabat dalam negeri di provinsi itu, Akbar Hussain Durrani kepada AFP.

Ia mengatakan setidaknya ada tujuh penjaga pantai yang juga terluka dalam serangan pagi itu.

Polisi adat setempat, Muhammad Ali membenarkan serangan dan korban yang terjadi serta mengatakan bahwa identitas para penyerang belum diketahui.

Baluchistan menjadi pusat kekerasan oleh kelompok militan Islam maupun ketidakpastian di daerah yang terjadi sejak 2004, setelah para gerilyawan menuntut wilayah otonomi serta pembagian keuntungan yang lebih besar atas pengolahan sumber daya alam setempat.

Provinsi itu juga semakin menjadi wilayah pertikaian antara kelompok mayoritas Muslim Suni dan kelompok Syiah yang berjumlah seperlima dari jumlah 180 juta penduduk Pakistan.


Penerjemah: Maria D Andriana

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013