Hingga 15 Desember 2023, kami telah mengumpulkan donasi sebesar Rp329 juta, sementara dana terkumpul tahap pertama Rp197 juta sudah disetorkan ke Baznas Jawa Timur
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, melakukan doa bersama dan penggalangan dana untuk solidaritas rakyat Palestina yang digelar bersamaan pada momentum Hari Jadi Lumajang ke-768 di alun-alun kabupaten setempat, Senin.

"Hingga 15 Desember 2023, kami telah mengumpulkan donasi sebesar Rp329 juta, sementara dana terkumpul tahap pertama Rp197 juta sudah disetorkan ke Baznas Jawa Timur," kata Ketua Baznas Kabupaten Lumajang Muhammad Nur Sjahid di kabupaten setempat.

Menurutnya penggalangan dana juga dilakukan pada saat acara berlangsung dan berhasil terkumpul dari masyarakat sebesar Rp19,9 juta yang nantinya akan disalurkan sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan.

"Akan kami kumpulkan terlebih dahulu, menunggu hingga akhir Desember 2023 sebelum disalurkan nantinya melalui Baznas Jatim," tuturnya.

Selain doa bersama dan penggalangan dana, momentum tersebut juga dijadikan kesempatan untuk memberikan penghargaan kepada para pendukung dan pelaku kegiatan kemanusiaan.

Salah satunya diberikan kepada Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni atas perannya sebagai pendukung ulama dalam aksi kemanusiaan Save Palestine.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono dan sejumlah perwakilan Forkopimda Kabupaten Lumajang, serta kehadiran Wakil Bupati Lumajang periode 2018-2023 Indah Amperawati dan tokoh agama juga menjadi simbol kebersamaan dalam upaya mendukung rakyat Palestina.

Kegiatan tersebut menjadi bukti nyata bahwa solidaritas kemanusiaan tidak mengenal batas geografis dan Lumajang telah berdiri sebagai contoh nyata kepedulian dan dukungan bagi mereka yang membutuhkan.

Seribuan warga Lumajang berkumpul untuk melakukan shalat Gaib, doa bersama dan penggalangan dana sebagai dukungan kepada rakyat Palestina di jalur Gaza yang menderita atas kekejaman pasukan Israel.

Baca juga: BAZNAS (BAZIS) DKI salurkan donasi Rp3 miliar untuk warga Palestina

Baca juga: Pemkot Banda Aceh salurkan donasi Rp850 juta untuk rakyat Palestina

Baca juga: Kemenag Sumsel himpun donasi Rp1,72 miliar untuk Palestina

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023