Melalui kerja sama tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mendukung pertumbuhan UMKM dan meningkatkan inklusi keuangan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - PT Anugerah Digital Indonesia, melalui platform pendanaan digital Solusiku terus memperkuat inklusi keuangan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Direktur Operasional Solusiku Moh Fajar Ramdhani dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan baru-baru ini, pihaknya telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Bank Sahabat Sampoerna (BSS).

"Melalui kerja sama tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mendukung pertumbuhan UMKM dan meningkatkan inklusi keuangan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Baca juga: OJK: BFN tingkatkan literasi dan inklusi keuangan digital masyarakat

Menurut dia, Solusiku, sebagai perusahaan yang telah memperoleh legalitas sebagai PT Anugerah Digital Indonesia, memegang peran kunci dalam ekosistem UMKM dan literasi keuangan di Indonesia.

Dengan visi dan misi yang jelas, Solusiku berkomitmen untuk memberikan solusi pendanaan inovatif dan inklusif.

"Kolaborasi itu melambangkan komitmen kami terhadap inovasi pendanaan secara digital yang diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat terhadap sektor keuangan. Bersama-sama, kami siap mencapai pencapaian baru, memberikan alternatif solusi pendanaan kepada setiap elemen masyarakat," katanya.

Fajar menambahkan penandatanganan perjanjian tersebut membahas kerja sama dalam bentuk loan channeling antara Solusiku dan Bank Sahabat Sampoerna.

Dana sebesar Rp100 miliar akan dialokasikan untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtif selama periode kerja sama yang berlangsung selama tiga tahun.

Baca juga: Ekonom: Peningkatan inklusi keuangan diikuti perbaikan sistem keuangan

Sementara itu, Kepala Divisi Lending Centre Bank Sahabat Sampoerna Hendra Setiawan menyatakan pihaknya antusias menyambut kerja sama ini dengan Solusiku.

"Kolaborasi tersebut memperkuat komitmen kami untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan meningkatkan inklusi keuangan. Loan channeling menjadi langkah inovatif untuk memastikan dana yang kami miliki dapat merespons kebutuhan masyarakat dan sektor bisnis yang berkembang pesat," jelasnya.

Loan channeling adalah strategi Solusiku yang berperan sebagai perantara antara peminjam, terutama UMKM dan masyarakat umum, dengan Bank Sahabat Sampoerna.

Pendekatan inovatif itu diharapkan dapat mempercepat distribusi dana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi sektor-sektor yang strategis.

Vice President Solusiku Steven Leong menambahkan sesuai dengan visi dan misi yang telah kita bangun di Solusiku, pihaknya akan terus berkomitmen untuk melayani masyarakat guna meningkatkan inklusi keuangan sampai ke berbagai lapisan masyarakat.

"Solusiku dan Bank Sahabat Sampoerna berkomitmen untuk menyediakan solusi pendanaan yang inovatif dan inklusif, menjawab tantangan ekonomi di era digital," ujarnya.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023