Jakarta (ANTARA) - Samsung baru saja merilis dua sensor anyar untuk perangkat augmented reality/virtual reality (AR/VR) yang dirancang menawarkan pengalaman realitas campuran terbaru.

Dua sensor tersebut ialah ISOCELL Vizion 63D dan ISOCELL Vizion 931 dan bisa digunakan tidak hanya pada headset, tapi, juga ponsel pintar asalkan memang gawai tersebut dirancang untuk menghadirkan pengalaman realitas campuran kepada penggunanya. Dalam keterangan pers yang dirilis Samsung global, Selasa, setiap sensor disebut menawarkan kemampuan unik meningkatkan pengalaman virtual dan augmented serta mengatasi masalah dalam menangkap gambar dan data kedalaman.

Sensor Samsung ISOCELL Vizion 63D dirancang sebagai sensor 3D ToF (Time-of-Flight) dengan ukuran sensor 1/6,4 inci dan piksel 3,5 mikrometer yang mengukur kedalaman dan jarak dengan presisi tinggi. Sensor itu dapat menangkap gambar QVGA (320×240) pada 30fps dan video VGA (640×480).

Sensor Samsung itu diklaim menjadi yang pertama yang dilengkapi Image Signal Processor (ISP) penginderaan kedalaman terintegrasi, menghilangkan kebutuhan chip lainnya yang terpisah dan mengurangi konsumsi daya sebesar 40 persen dibandingkan model sebelumnya. Sensor ISOCELL Vizion juga menawarkan penyerapan cahaya yang tinggi dan kebisingan yang rendah berkat backside scattering technology.
 
Ilustrasi sensor ISOCELL Vizion 931 besutan Samsung. (ANTARA/news.samsung.com)


Selain itu Samsung juga merilis ISOCELL Vizion 931, sensor tersebut dikhususkan sebagai sensor shutter image yang diklaim dapat mengurangi kekaburan gerakan sehingga lebih halus saat dipandang. Sensor tersebut menawarkan resolusi 640×640 dan ideal untuk aplikasi seperti pengenalan iris mata, pelacakan mata, dan deteksi wajah/gerakan pada headset XR.

 ISOCELL Vizion 931 juga menawarkan tampilan gambar yang lebih tajam dan dapat menghubungkan empat kamera menggunakan satu kabel, menyederhanakan desain sirkuit dan menghemat ruang.

Kedua sensor tersebut saat ini sedang diuji oleh produsen perangkat dan diharapkan dapat digunakan pada headset realitas campuran Samsung yang akan datang dan perangkat AR/VR lainnya.

Baca juga: Samsung kenalkan sensor gambar 200 MP anyar untuk ponsel kelas atas

Baca juga: Analis sebut Sony pimpin pasar sensor kamera untuk ponsel pintar

Baca juga: Samsung pamerkan kemampuan sensor ISOCELL 200 MP terbarunya

Baca juga: Canon rilis kamera vlogging PowerShot V10

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023