Semarang (ANTARA) - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia mendeklarasikan dukungan politiknya kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat menggelar Rapat Kerja Nasional tahun 2023 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

“Dengan penuh pertimbangan yang dalam, dan berpegangan pada kepentingan yang lebih luas, maka forum Rakernas APPSI 2023 ini bertekad bulat mendukung dan siap menggerakkan kekuatan yang dimiliki organisasi untuk memenangkan pasangan calon nomor urut 2 yaitu Pak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden tahun 2024," kata Ketua Umum APPSI Sudaryono di Semarang, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa pemberian dukungan politik terhadap pasangan capres nomor urut 2 itu karena saat ini Prabowo Subianto juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina APPSI dan juga pernah memimpin APPSI beberapa tahun lalu.

“Bagi pedagang pasar, perjuangan beliau untuk mensejahterakan pedagang pasar sudah tidak diragukan lagi, paham dan mengerti keluhan dan aspirasi pedagang pasar apalagi Pak Prabowo sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum APPSI. Dan saat ini, menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina APPSI," ujarnya.

Baca juga: Rakernas APPSI bahas kerja sama dan pembangunan Indonesia

Baca juga: Mendag ajak pedagang pasar beradaptasi dengan kemajuan teknologi


Atas keputusan Rakernas APPSI 2023 tersebut, ia juga menegaskan bahwa pimpinan-pimpinan pedagang pasar yang tergabung dalam APPSI maka secara otomatis akan menjadi ketua-ketua relawan pemenangan Prabowo-Gibran di tiap-tiap daerah, serta akan melakukan kampanye secara masif di setiap pasar di seluruh Indonesia.

"Pak Prabowo Subianto adalah Ketua Umum APPSI dari tahun 2007 sampai dengan 2017. Sekarang sebagai Ketua Dewan Pembina APPSI, karena itu kami para pedagang pasar akan total memenangkan Pak Prabowo sebagai Presiden Indonesia. Kita akan melakukan kampanye di pasar-pasar karena pasar tempat pertemuan banyak orang, di sanalah tempat kampanye paling efektif," katanya.

Sementara itu, Prabowo Subianto selaku Ketua Dewan Pembina APPSI yang hadir secara daring pada Rakernas APPSI 2023 menyampaikan terima kasih atas dukungan politik kepadanya.

"Dukungan ini adalah sebuah kehormatan bagi saya, ini adalah perjuangan yang mulia dan perjuangan yang suci, saya ingin menjadi presiden bukan untuk kepentingan pribadi, saya ingin memimpin pemerintahan Indonesia untuk menghilangkan kemiskinan di Indonesia, saya ingin Indonesia sejahtera, saya ingin melihat anak Indonesia senyum tumbuh sehat dan cerdas dan itu cita-cita kita, cita-cita pendiri bangsa karena itu saya menerima mandat dari saudara-saudara," ujarnya.

Baca juga: Rakernas APPSI di Semarang undang Mendag Zulhas dan Prabowo Subianto

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga mengungkapkan permintaan maaf-nya kepada ratusan peserta Rakernas APPSI 2023 ini karena tidak bisa hadir ke lokasi secara langsung meskipun dirinya sudah melakukan perjalanan ke Kota Semarang dan akhirnya hanya bisa menyapa melalui video conference.

“Saya mohon maaf sebesar-besarnya tidak bisa hadir secara fisik, saya sudah berada dalam perjalanan ke lokasi, tapi pada saat itu saya mendapat panggilan oleh Bapak Presiden di Istana Bogor pukul 15.30 nanti dan saya melihat sangat sulit bagi saya untuk hadir menyapa saudara-saudara karena waktu yang sangat terbatas," ucapnya.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023