Kita tetap jaga kesantunan kita dalam berpolitik. Kita tetap jaga kepatuhan dalam segala apa pun yang ada di politik
Purwokerto (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dalam safari politik ke Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng), meminta masyarakat di sana untuk berpolitik dengan santun dan tetap mematuhi semua aturan yang ada.

"Kita tetap jaga kesantunan kita dalam berpolitik. Kita tetap jaga kepatuhan dalam segala apa pun yang ada di politik," kata Kaesang kepada para relawan dalam acara Silaturahmi Mas Kaesang dengan Relawan Bumi Ngapak Raya, di Purwokerto, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan menyusul adanya aksi provokasi yang dilakukan oleh gerombolan pengendara motor yang membawa bendera PDI Perjuangan (PDIP) saat dirinya melakukan safari politik di Pati, Jateng pada Minggu (19/12).

Dalam video yang direkam oleh salah satu anggota PSI yang menyaksikan kejadian, gerombolan pengendara motor tersebut menggeber motor dan salah satunya bahkan masuk ke halaman tempat acara kunjungan berlangsung.

Baca juga: Safari politik ke Wonosobo, Kaesang disambut tari Lengger

Baca juga: Blusukan ke Batang, Kaesang dengar keluhan warga soal kartu tani


Kepada warga di Purwokerto, Kaesang meminta mereka untuk tetap santun dalam berpolitik dengan tidak mudah tersulut emosi, saling fitnah, tetapi tetap santai.

"Enggak usah emosi-an, enggak usah saling fitnah. Enggak masalah, yang penting kita tetap santai saja," ucap dia.

Kemudian, ia juga berpesan kepada para relawan dan masyarakat untuk mengajak teman-teman dan keluarga mereka untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan memberikan suara mereka saat pemungutan suara Pemilu 2024 yang akan digelar pada 14 Februari.

"Ajak seluruh keluarga, ajak seluruh saudara, ajak seluruh teman, tetangga, untuk nanti datang ke TPS di 14 Februari 2024," harapnya.

Dia tidak meminta masyarakat untuk memilih salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) secara spesifik. Sebaliknya, dia menekankan pentingnya bagi masyarakat untuk tetap memberikan suara mereka sesuai pilihan hati nurani.

"Nyoblosnya apa nggih monggo terserah (coblos siapa ya silakan terserah)," kata dia.

Silaturahmi Kaesang ke Purwokerto merupakan bagian dari rangkaian safari politik yang dimulai 16 hingga 20 Desember 2023 guna menyerap aspirasi masyarakat sekaligus menarik dukungan mereka bagi partai-nya agar bisa masuk ke parlemen.

Sejak menjabat sebagai Ketua Umum PSI, Kaesang gencar melakukan safari politik ke sejumlah daerah di Tanah Air.

Sebelum ke Jateng, Kaesang juga melakukan safari politik ke Medan, Kupang di Nusa Tenggara Timur, Manado di Sulawesi Utara, Bandung di Jawa Barat, dan beberapa daerah lain di Jawa dan Jakarta.

Pewarta: Katriana
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023