Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengatakan pemerintah siap menjamin situasi keamanan jelang Natal 2023 dan tahun baru 2024 di tengah kegiatan politik yang berjalan menuju Pemilu 2024.

“Saya ke sini menjawab pertanyaan bagaimana situasi politik dan keamanan menjelang Natal dan tahun baru. Saya katakan pemerintah menjamin bahwa Natal nanti akan damai, tahun baru juga akan aman,” kata Mahfud Graha Oikoumene, Jakarta, Selasa (19/12).

Dia menyampaikan pernyataan tersebut usai temui Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom untuk membahas sejumlah hal, termasuk persiapan pengamanan dari pemerintah menjelang Hari Raya Natal 2023 dan tahun baru 2024.

​​​​Mahfud mengatakan Presiden Joko Widodo sudah mengundang rapat paripurna kabinet pada pekan lalu. Dalam rapat tersebut menurut dia, semua kementerian dan lembaga sudah menyampaikan kesiapan masing-masing, termasuk TNI, Polri, dan BIN.

“Semuanya sudah menyatakan bahwa Natal tahun ini dan tahun baru 2024 (berlangsung) aman,” ujarnya.

Dia juga menegaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan logistik yang diperlukan untuk mendukung ketertiban dan keamanan Hari Raya Natal 2023 maupun tahun baru 2024. Karena itu, dia meminta masyarakat tidak khawatir bila ingin merayakan Natal maupun tahun baru meskipun di tengah kegiatan politik yang berjalan.

Selain itu, dia menegaskan pertemuan dengan Ketua PGI merupakan kunjungan rutin dan bukan dalam agenda politik elektoral.

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023