Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, mengungkapkan temuan satu kasus baru positif COVID-19 di wilayah setempat pada akhir tahun 2023.

"Dinkes Kabupaten Lampung Selatan pada tanggal 16 Desember 2023 melaporkan ada satu kasus COVID-19," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Jamaluddin, di Kalianda, Rabu.

Ia mengatakan, satu orang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut adalah warga Desa Wai Hui, Kecamatan Jati Agung, dan sudah melakukan isolasi secara mandiri.

Ia berharap, bagi masyarakat yang belum vaksinasi COVID-19 agar segera melakukan vaksinasi, sampai pada vaksinasi ke tiga atau booster.

Baca juga: Masyarakat diimbau terapkan PHBS cegah mycoplasma pneumonia

Baca juga: Ditemukan 8 kasus COVID sepekan, Dinkes Bantul imbau prokes diterapkan


Ia juga menjelaskan, masyarakat harus menerapkan prokes seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Bila kurang sehat, terlebih ada batuk dan demam agar senantiasa memakai masker serta secepatnya memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan," kata dia.

Ia juga meminta kepada warga yang ingin melakukan perjalanan luar kota terutama ke kota/kabupaten yang terdapat kasus COVID-19 yang cukup tinggi harus menerapkan prokes yang ketat.

Untuk mengantisipasi penularan COVID-19, warga juga diminta rajin mencuci tangan dan segera mencuci pakaian setelah bepergian terutama dari luar kota, serta rajin memeriksakan kesehatan ke pusat layanan kesehatan terdekat.

Baca juga: KAI: Belum ada regulasi prokes dari Kemenhub untuk penumpang kereta

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023