Kami juga mengadakan posko taktis di kawasan Kali Kangkung
Solo (ANTARA) - Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta akan mengandangkan bus yang tidak lolos uji laik oleh petugas gabungan dari Dishub Provinsi Jawa Tengah dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jateng jelang Natal dan Tahun Baru 2024.

Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono di sela kegiatan uji laik di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Rabu mengatakan tidak akan segan mengandangkan bus yang tidak lolos uji laik.

Ia mengatakan langkah tersebut untuk memberikan rasa aman kepada calon penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik pada periode Natal dan Tahun Baru.

Ia mengatakan pada kesempatan tersebut melakukan uji laik pada bus antarkota dalam provinsi (AKDP). Menurut dia, dari total 70 sampel yang diperiksa, dua diantaranya dinyatakan melanggar administrasi.

Pihaknya mencatat dua bus tersebut berasal dari dua PO yang berbeda. Sebagai sanksi, pihaknya melakukan tindakan penilangan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Sarana dan Angkutan Jalan, Sungai Danau Penyeberangan BPTD Kelas II Jawa Tengah Tofan Muis mengatakan kegiatan uji laik dan Posko Mudik Natal dan Tahun Baru diadakan di seluruh Terminal Tipe A di Jawa Tengah.

"Kami juga mengadakan posko taktis di kawasan Kali Kangkung," katanya.

Pihaknya juga memastikan fasilitas pelayanan di terminal dapat berfungsi dengan baik sehingga memberikan kenyamanan kepada para masyarakat.

"Fasilitas di terminal kami siapkan, seperti Terminal Tingkir yang baru saja diresmikan dan Terminal Purworejo yang juga akan diresmikan dalam waktu dekat," katanya.

Baca juga: Terminal Tirtonadi sosialisasikan rute baru bus terdampak proyek rel
Baca juga: Kemenhub terapkan konsep "mixed use" di terminal

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023