Kemudian diangkat masuk ke truk dan diberangkatkan sekitar pukul 14.00 WIB menuju ke Terminal Pulo Gadung Jakarta
Solo (ANTARA) - Pengelola Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, memberangkatkan truk pengangkut sepeda motor program milir gratis dari Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta Bandiyono di Solo, Jawa Tengah, Sabtu mengatakan para pemilik sudah membawa sepeda motor masing-masing ke terminal untuk didaftarkan ikut dalam perjalanan milir gratis.

"Pendaftaran sudah dibuka pukul 08.00 WIB dan ditutup pada 11.30 WIB. Kemudian diangkat masuk ke truk dan diberangkatkan sekitar pukul 14.00 WIB menuju ke Terminal Pulo Gadung Jakarta," katanya.

Pihaknya mencatat total ada 118 unit sepeda motor yang diberangkatkan pada program milir gratis tersebut.

Ia mengatakan pada program tersebut ada dua unit truk yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan dan tiga unit truk dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: KAI Commuter imbau orang tua jaga anak saat perjalanan

Baca juga: Kadin Surakarta perkuat ekosistem pariwisata di Solo Raya


Sementara itu, dikatakannya, pada Sabtu ini hanya sepeda motor yang diberangkatkan. Sedangkan para penumpang atau pemilik kendaraan akan diberangkatkan Minggu (14/4) pagi pada Program Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta.

"Selanjutnya di hari Senin pagi akan diberangkatkan yang program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan," katanya.

Koordinator Solo Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta Yeldi Ramadhan mengatakan ada tren penurunan dari tahun ke tahun pada pemudik motor gratis.

"Kalau beberapa tahun lalu itu bisa sampai ratusan sepeda motor, tapi tahun ini hanya puluhan saja. Tren untuk membawa sepeda motor gratis ini menurun, tetapi untuk penumpangnya naik," katanya.

Baca juga: Layanan Tol Semarang-Solo ditingkatkan hadapi lonjakan kendaraan

Baca juga: Jalur fungsional Tol Jogja-Solo dibuka untuk lancarkan arus balik

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024