Lonjakan ini terjadi karena banyak pengendara yang memanfaatkan periode libur Idul Fitri ini untuk bersilaturahmi dan berwisata bersama keluarga.
Jakarta (ANTARA) - PT Jasamarga Transjawa Tol terus meningkatkan layanan operasional jalan Semarang-Solo guna menghadapi lonjakan volume lalu lintas kendaraan pada 10-11 April 2024 atau H1 dan H2 Lebaran.

Dikutip dari siaran pers Jasa Marga di Jakarta, Jumat, lonjakan ini terjadi karena banyak pengendara yang memanfaatkan periode libur Idul Fitri ini untuk bersilaturahmi dan berwisata bersama keluarga.

Jasa Marga mencatat lonjakan volume kendaraan terjadi di GT Bawen Tol Semarang-Solo menuju daerah wisata arah Bawen, Ambarawa, Salatiga, Magelang dan sekitarnya pada H1 dan H2 Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sejumlah daerah tujuan wisata yang ramai dikunjungi pengguna jalan antara lain tempat wisata Bandungan, Dusun Semilir Eco Park, Rawa Pening, Kopeng, Dieng hingga Candi Borobudur.

Tercatat volume lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Bawen pada 10-11 April 2024 meningkat menjadi 32.887 kendaraan atau naik 92,1 persen dari lalu lintas normal sebanyak 17.123 kendaran.

Guna memperlancar akses menuju destinasi wisata Jawa Tengah pada periode tersebut, PT Jasamarga Transjawa Tol mengoptimalkan layanan jalan tol di wilayah Jawa Tengah. Upaya yang dilakukan, yaitu menambah petugas on call transaksi, petugas mobile reader, dan petugas pengatur antrean di gerbang tol.

Selain itu juga menyediakan titik layanan top up tunai dan uang elektronik, menambah jumlah sarana perlengkapan lalu lintas seperti traffic cone, water barrier, railing, menyiagakan kendaraan dan petugas perambuan, dan rest area fungsional KM 439A dan 444A.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan puncak arus balik Lebaran 2024 diperkirakan terjadi pada Minggu (14/4) dan Senin (15/4). Oleh karena itu, ia mengimbau para pemudik untuk pulang lebih awal untuk mencegah kemacetan.

Baca juga: Polisi: Satu arah arus milir dari Kalikangkung mulai 13 April
Baca juga: Jasa Marga kembali diskon 20 persen Tol Trans Jawa Semarang-Jakarta

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024