yang terdampak penutupan jalan di ruas Joglo tersebut, yakni Bus Rela jurusan Purwodadi dan BRT TransJateng Solo-Sumberlawang
Solo (ANTARA) -
Pengelola Terminal Tirtonadi Solo melakukan sosialisasi rute baru bus yang terdampak proyek rel layang dari Kementerian Perhubungan RI.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Bandiyono di Solo,  Jawa Tengah, Jumat mengatakan ada dua perusahaan bus yang terdampak penutupan jalan di ruas Joglo tersebut, yakni Bus Rela jurusan Purwodadi dan BRT TransJateng Solo-Sumberlawang.
 
Ia mengatakan mengingat ruas jalan yang biasa dilewati harus tutup sementara sebagai dampak pembangunan rel layang, ada rute baru yang disiapkan sebagai jalur alternatif.
 
Menurut dia, Dinas Perhubungan Kota Surakarta akan memfungsikan Jalan Bromo Raya, Jalan Kerinci, Jalan Jayawijaya, Jalan Gunung Slamet hingga Jalan Sumpah Pemuda sebagai rute pengalihan.
 
Sedangkan untuk bus yang akan mengakses jalan tol akan diarahkan menuju pintu Tol Ngemplak.

Baca juga: Kemenhub berangkatkan 126 bus program balik gratis dari Tirtonadi Solo
 
"Ini untuk mengurangi kepadatan yang ada di simpang Joglo. Ada juga bus yang full tol langsung ke Surabaya. Sesuai kesepakatan rapat, diarahkan menuju pintu Tol Ngemplak Boyolali," katanya.
 
Sementara itu, dikatakannya, penutupan jalan Solo-Purwodadi akan berlangsung selama tiga bulan, yakni hingga bulan Juli.
 
Terkait hal itu, ia mengimbau para pengemudi untuk tetap tertib berlalu lintas dan mengemudi dengan lebih berhati-hati.
 
"Kami sampaikan agar para pengemudi lebih berhati-hati mengingat akses jalan alternatif yang cukup sempit dan lalu lintas padat. Tetap sesuai dengan aturan lalu lintas yang benar," katanya.

Baca juga: Sepeda motor peserta mudik gratis tiba di Terminal Tirtonadi Solo

Baca juga: Ribuan pemudik gratis akan padati Terminal Tirtonadi pada 19-20 April
 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023