Tim penilai terdiri atas Komisi Informasi Pusat, Kementerian Desa dan PDT serta BAKTI Kominfo beberapa waktu lalu
Denpasar (ANTARA) - Desa Tegal Harum Kota Denpasar Bali berhasil meraih penghargaan nasional sebagai Desa Transparan peringkat pertama wilayah Indonesia Tengah yang penghargaannya diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Perbekel (kepala desa) Desa Tegal Harum I Komang Adi Widiantara dalam keterangan tertulisnya di Denpasar Rabu mengatakan, keberhasilan desa setempat setelah melalui rangkaian penilaian dan kunjungan oleh tim penilai.

"Tim penilai terdiri atas Komisi Informasi Pusat, Kementerian Desa dan PDT serta BAKTI Kominfo beberapa waktu lalu. Dari penilaian tersebut Desa Tegal Harum dinilai layak menjadi yang terbaik karena aspek keterbukaan informasi publik di desa ini sudah berjalan dengan sangat baik," kata Komang Adi.

I Komang Adi menerima penghargaan atas keberhasilan Desa Tegal Harum tersebut yang diserahkan oleh Wapres Ma'ruf Amin dalam Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik 2023 di Istana Wakil Presiden pada Selasa (19/12).

Prestasi yang diraih Desa Tegal Harum ini, lanjut dia, tentu menjadi kebanggaan warga Kota Denpasar karena sudah mampu berhasil meraih penghargaan di tingkat nasional.

Sebelumnya Desa Tegal Harum juga menjadi yang terbaik dalam Lomba Desa Tingkat Nasional pada Agustus 2023.

"Kali ini Desa Tegal Harum berhasil menorehkan prestasi sebagai Desa Transparan, sekaligus mencatat sejarah dengan mengawinkan dua gelar juara bergengsi dalam periode satu tahun," katanya.

Menurut dia, transparansi bagi setiap warga negara ialah prinsip dasar untuk pemerintahan bersih dan baik.

"Salah satu prinsip Good and Clean Governance adalah transparansi. Sudah barang tentu tujuan yang ingin dicapai dari prinsip ini ialah agar dalam menjalankan pemerintahan tidak keluar dari rel menuju tujuan yang telah ditetapkan," katanya.

Prinsip transparansi tersebut, katanya, untuk menjaring keterlibatan warga dalam membangun dan memfasilitasi warga untuk mencapai tujuan dalam berbangsa dan bernegara.

Sebelumnya Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengapresiasi enam desa yang dapat menyajikan keterbukaan informasi publik terbaik kepada masyarakat.

"Saya ucapkan selamat kepada enam kepala desa terbaik yang terpilih atas kerja keras dan keberhasilannya dalam menata keterbukaan informasi publik di desa masing-masing, sehingga mendapatkan penghargaan sebagai desa terbaik," katanya.

Wapres berharap keberhasilan ini menginspirasi desa-desa lainnya untuk berpacu membangun keterbukaan informasi dan mendorong partisipasi masyarakat menuju terciptanya tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023