Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Edy Natar Nasution menjajaki kerja sama dengan Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia Mohamad Alamin di bidang pariwisata karena Riau memiliki banyak aneka objek wisata sejarah, alam, seni dan budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

"Banyak objek wisata Riau menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan asal Malaysia, dan Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia Mohamad Alamin ke Riau mengawali kembali kerja sama ini," kata Gubernur Riau Edi Natar Nasution di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Rabu.

Menurut Edy, dalam kunjungan kali ini Menlu Malaysia bisa mengajak masyarakat Malaysia berkunjung ke Bumi Melayu Lancang Kuning itu untuk melihat keindahan pantai di Pulau Rupat Utara, serta Istana Kesultanan Raja Siak, dan aneka agenda wisata tahunan di Riau seperti Festival pacu jalur.

Festival pacu jalur ini, katanya juga sangat disukai pedayung asal luar negeri seperti Malaysia sekaligus menyukai pertunjukan/atraksi budaya
ritual Bakar Tongkang dan destinasi wisata lain.

"Kegiatan wisata bakar tongkang di Kabupaten Rokan Hilir, dan festival pacu jalur di Kabupaten Kuantan Singingi menjadi agenda tahunan yang rutin digelar," katanya.

Selain pariwisata banyak sektor yang bisa berkembang melalui kerja sama dikembangkan dengan Malaysia yakni bidang investasi, ekonomi, pendidikan, tenaga kerja dan lain lain.

Kerja sama berbagi bidang tersebut ungkap dia, memiliki peluang cukup besar apalagi hubungan Provinsi Riau dengan Malaysia sudah seperti keluarga karena keberadaan dua negara yang begitu dekat selain negara satu rumpun Melayu itu.

"Riau dengan Malaysia sudah seperti keluarga karena dalam hitungan jam sudah sampai ke Malaka dan begitu sebaliknya. Mudah-mudahan hubungan baik ini makin terus terjalin," katanya.

Mohamad Alamin mengatakan bangga berkunjung ke Riau dan berjanji akan mencoba mempromosikan sejumlah keunggulan di daerah Riau kepada masyarakat Malaysia sebagai tindak lanjut kerja sama dimaksud.

"Kami juga mengundang Gubernur Riau pak Edy bisa berkunjung ke Malaysia, karena warga Indonesia juga banyak berkunjung dan berwisata di sana," demikian Alamin.

Baca juga: Menjelajahi Pulau Penyengat yang lekat akan adat Melayu Riau

Baca juga: Pariwisata Pekanbaru terus menggeliat dorong pertumbuhan ekonomi

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023