Apalagi Pemkot Jayapura dan Pemerintah Vanimo, Papua Nugini juga telah menjalin kerja sama program sister city.
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua siap untuk menjalin kerja sama dengan negara tetangga Papua Nugini (PNG) terkait dengan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey saat menerima pelaku usaha khususnya kaum ibu dari PNG, di Jayapura, Rabu, mengatakan kerja sama tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kedua negara khususnya di daerah perbatasan.

"Apalagi Pemkot Jayapura dan Pemerintah Vanimo, Papua Nugini juga telah menjalin kerja sama program sister city," katanya pula.

Menurut Pekey, ke depan jika Papua Nugini bersedia untuk menjalan kerja sama terkait pengembangan UMKM, maka Pemkot Jayapura akan menyambut baik.

Dia menjelaskan pelaku usaha dari PNG yang datang saat pelaksanaan ajang Border Trade Show 2023 di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw telah melihat hasil produk dari UMKM di Kota Jayapura yang menarik minat mereka.

"Dari situ mereka berkeinginan supaya ada kerja sama untuk mengembangkan potensi yang ada baik sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA) yang ada di PNG," ujarnya lagi.

Dia menambahkan, pihaknya juga berharap pelaksanaan Border Trade Show 2023 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Papua di PLBN Skouw dapat meningkatkan ekonomi warga di kawasan perbatasan.

Dalam pertemuan tersebut Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey mendapatkan tas noken hasil buatan pelaku usaha dari PNG.
Baca juga: Galeri UMKM butuh dukungan internet tingkatkan penjualan suvenir Papua
Baca juga: Pemkab Jayapura: 16 OAP ikut pelatihan mebel dorong UMKM mandiri

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023