Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Darat (AD) menyatakan terus mendukung inovasi yang dijalankan oleh Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) di bidang jasa transportasi yang menilai meningkatnya mobilitas dan kegiatan distribusi di zaman modern harus diimbangi dengan sarana prasarana yang memumpuni.

"Kami menangkap peluang terkait dengan kebutuhan distribusi barang, distribusi logistik; karena sudah terbuka jaringan yang bagus dan pelabuhan, pelabuhan udara. Maka, kami coba mengembangkan bisnis yang ada di yayasan ini, dengan membuka ekspansi bisnis di transportasi dan logistik," kata Ketua Pengurus YKEP Letjen TNI (Purn) Tatang Sulaiman dalam acara peluncuran kendaraan tersebut di Jakarta, Kamis.

Tatang menjelaskan sebanyak 120 kendaraan berupa truk trail dan kendaraan wingbox tersebut merupakan bentuk kerja sama antara YKEP dengan PT Marabunta yang menjadi salah satu perusahaan bisnis di bawah naungan YKEP dan PT RST.

Baca juga: Antisipasi banjir, TNI bersihkan jaringan irigasi di Sirkuit Mandalika

Penyerahan kendaraan operasional tersebut juga sebagai perwujudan visi Yayasan Kartika Eka Paksi secara profesional dalam mengikuti kebutuhan perkembangan zaman untuk membangun jejaring di bidang jasa pengurusan transportasi dan logistik.

Tatang menjelaskan nantinya kendaraan itu lebih banyak ditempatkan di luar kota guna melayani para mitra yang memerlukan distribusi barang maupun logistik harian lainnya dari satu tempat ke tempat lain.

Bila peluang bisnis yang dibangun itu berjalan lancar dari segi kuantitas dan kualitas, maka tidak menutup kemungkinan Yayasan Kartika Eka Paksi akan menjalin kerja sama pengangkutan hasil perkebunan hingga pertambangan.

"Semuanya butuh transportasi, semua butuh angkutan. Sehingga, kami berusaha untuk mengembangkannya," ujar Tatang.

Baca juga: Kasad: Banyak "legacy" yang ditinggalkan Doni Monardo

Sementara itu, Inspektur Jenderal TNI AD Hilman Hadi menyatakan bahwa peluncuran kendaraan tersebut merupakan inovasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas di sektor transportasi, serta memfasilitasi kerja sama antarperusahaan dalam pengelolaan armada kendaraan.

"Hal ini merupakan solusi yang efektif untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan armada, karena dapat mengurangi biaya operasional, meningkatkan kinerja armada, dan memberikan keuntungan bagi semua pihak yang terlibat," kata Hilman yang hadir untuk menerima langsung kendaraan mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Menurut Hilman, di era modern saat ini, kendaraan merupakan aspek penting dalam mendukung aktivitas operasional untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Dia berharap kerja sama itu memberikan dampak positif bagi kebutuhan ekonomi di lingkungan dan kesejahteraan jajarannya, serta untuk masyarakat Indonesia.

"Saya berpesan pada pengguna kendaraan ini agar dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan sebaik- baiknya, untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok secara optimal, serta memiliki usia pakai yang lama," kata Hilman.

Baca juga: Pangkostrad serahkan 500 paket sembako di Dusun Bariga

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023